Peran KKN Kelompok 31 UPN VETERAN Jawa Timur dalam Pengembangan UMKM Teh Daun Kelor di Kelurahan Karah pada masa Pandemi Covid-19 -->

Peran KKN Kelompok 31 UPN VETERAN Jawa Timur dalam Pengembangan UMKM Teh Daun Kelor di Kelurahan Karah pada masa Pandemi Covid-19

Selasa, 03 Agustus 2021

Worskhop Penyampaian Materi Produk Teh Daun Kelor Oleh Kelompok KKN 31 Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan Melalui Zoom Meeting (Jumat, 23/07/21) 

Kabar Nusantara - Surabaya- Kecamatan Jambangan, Kelurahan Karah merupakan salah satu wilayah di Kotamadya Surabaya yang banyak tumbuh tanaman kelor. Tanaman kelor atau merunggai atau limaran adalah sejenis tumbuhan dari suku Moringaceae yang merupakan jenis dari tanaman perdu dengan ketinggian 7-11 meter yang dapat tumbuh dengan cepat dan subur di dataran rendah ,  tahan pada cuaca yang panas dan daerah tropis seperti Indonesia , berumur panjang, serta berbunga sepanjang tahun. Tanaman ini umum digunakan untuk menjadi pangan dan obat di Indonesia dan  juga digunakan sebagai penjernih air skala kecil.


 KKN Kelompok 31 UPN “Veteran” Jawa Timur  fokus kepada pemanfaatan daun kelor sebagai pangan khususnya pembuatan teh daun kelor. Pembuatan teh daun kelor ini dilaksanakan oleh mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur KKN kelompok 31 dan disampaikan melalui kegiatan workshop kepada ibu ibu PKK warga Kecamatan Jambangan, Kelurahan Karah pada tanggal 23 Juli 2021 pada media online dengan tujuan untuk menambah pengetahuan serta pendapatan dengan membuka lapangan pekerjaan di wilayah Kecamatan Jambangan, Kelurahan Karah di masa pandemi virus Covid-19 ini. Worskhop pembuatan teh daun kelor kali ini kelompok KKN 31 UPN “Veteran” Jawa Timur 2021 Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan juga  di dampingi oleh Dosen Praktik Lapangan yakni, Ibu Kinanti Resmi Hayati, S.Hum., dan di dampingi oleh Ketua Kelompok KKN 31 yakni, Muhammad Andika Mahendra.


“Daun Kelor ini memang sangat bermanfaat terutama antioksidannya tinggi cocok untuk jaman sekarang yang sering terpapar polusi, dan  juga teh ini sering dikonsumsi oleh orang yang mempunyai penyakit jantung dan kolesterol. Ibu-ibu PKK Karah juga menyampaikan bila kelor ini manfaatnya besar untuk mata sehingga cocok untuk yang sering  menggunakan laptop. Daun kelor saat ini susah dicari dan pembuatannya juga menyita waktu yang cukup lama serta menariknya daun kelor mempunyai banyak manfaat seperti menurunkan kolestrol dan mempunyai kandungan vitamin C yang sangat tinggi”, ungkap Ibu Popy dan Ibu Tining selaku perwakilan ibu-ibu PKK Kelurahan Karah.

Proses Penyeduhan Teh Daun Kelor Oleh Kelompok KKN 31 UPN “Veteran” Jawa Timur Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan (Sabtu,17/07/21)


Daun kelor memiliki banyak kandungan nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Daun kelor dapat meningkatkan imun tubuh. Dengan imun tubuh yang baik maka virus atau penyakit tidak akan mudah menyerang tubuh secara cepat sehingga daun kelor  sangat cocok di konsumsi di kala pandemi ini. Kandungan daun kelor diketahui akan kebaikannya karena daun kelor merupakan salah satu diantara superfood. Superfood sendiri merupakan pangan fungsional yang bergizi tinggi dan kaya akan fitokimia yang bermanfaat bagi tubuh dan imunitas, terlebih pada  masa pandemi.


Di sisi lain, pandemi menjadi tantangan bagi masyarakat Indonesia khususnya pada sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang mengalami tekanan besar dalam krisis akibat pandemi Covid-19. Harapannya dari hasil pembuatan dan kegiatan workshop mengenai teh daun kelor ini dapat digunakan sebagai pengembangan sektor UMKM pada kecamatan jambangan, kelurahan karah di masa pandemi Covid-19 ini.


Pembuatan serta pengolahan teh berbahan dasar daun kelor ini dapat menjadi kegiatan rutin warga Kecamatan Jambangan di Kelurahan Karah agar dapat memajukan sektor UMKM kecamatan Jambangan yang terkenal dengan tanaman kelor, serta dapat sebagai daya tarik konsumen untuk membeli teh daun kelor yang berasal dari kecamatan yang terkenal dengan tanaman tersebut.
Selain untuk pengembangan sektor UMKM, inovasi teh berbahan dasar teh daun kelor tersebut dalam kandungannya dapat sebagai pencegah beberapa penyakit seperti antihipertensi, antioksidan, antimikroba, antibakteri, antispasmodik, antijamur, antiinflamasi, anti-TB, analgesik, antidiabetes, diuretik, menurunkan kolesterol, dan sifat hepatoprotektif serta dapat sebagai pemulihan dan penguat imun di kala pandemi Covid-19 ini yang semakin masif.


“ Kegiatan ini nantinya (pembuatan Teh daun kelor ) sangat banyak manfaatnya dan diharapkan bisa menjadi kemajuan dan inovasi baru untuk jenis- jenis teh yang oleh  ibu-ibu PKK Kelurahan Karah difokuskan sebagai teh  kesehatan dan stamina pada lansia. Istimewanya produk teh daun kelor yang memiliki rasa sangat berbeda dengan rasa teh lainnya.
“Dan untuk adik- adik KKN Kelompok 31 UPN “Veteran” Jawa Timur tetap tidak pantang menyerah untuk mencari ilmu serta manfaat tentang teh daun kelor serta sebagai pengalaman agar semakin sukses”, ungkap Ibu Tining, Ibu Yuli dan Ibu Pipit selaku perwakilan ibu ibu PKK Kelurahan Karah.

Hasil Produk Teh daun kelor dan Karbol Sereh Kelompok KKN 31 UPN “Veteran” Jawa Timur Diterima Oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kotamadya Surabaya, yaitu Ibu Rini Eri Cahyadi. (Kamis/20/07/21) 


Teh daun kelor buatan mahasiswa KKN Kelompok 31 juga telah diterima oleh Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kotamadya Surabaya, yaitu Ibu Rini Eri Cahyadi. Beliau mengucapkan sudah sangat luar biasa bagus, sehingga beliau berpesan untuk produk dari pembuatan teh daun kelor akan di promosikan di Ibu Ketua PKK Kecamatan Kota Surabaya. Dan beliau juga memberikan ucapan selamat kepada KKN Kelompok 31 UPN “Veteran” Jawa Timur.

Kontributor:
- Muhammad Andhika Mahendra selaku Ketua KKN Kelompok 31 UPN “Veteran” Jatim
- Kinanti Resmi Hayati, S. Hum., M.A. selaku Dosen Pembimbing Lapangan