Iklan

,

LPPM Unipdu Jombang Menghadiri Monev Penelitian LLDIKTI VII di Madiun

Kabar Nusantara
Rabu, 21 Februari 2024, 16.10 WIB Last Updated 2024-02-22T02:31:06Z



Kabar Nusantara -  Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unipdu Jombang Dr. Nur Ulwiyah, M.Pd.I Beserta Kepala Bidang Penelitian Chandra Sukma Anugrah, M.Kom menghadiri undangan monitoring dan evaluasi (Monev) Monitoring dan evaluasi Akhir dari LLDikti Wilayah VII. Monev dilaksanakan terkait dengan pertanggungjawaban dosen Unipdu Jombang yang telah mendapatkan hibah Penelitian Dosen Pemula (PDP) tahun 2023. Dosen penerima hibah ini adalah Tomy Syafrudin, M.Pd dan Ulumul Umah, M.Pd dari Prodi Pendidikan Matematika. Monev dilaksanakan di kampus Universitas PGRI Madiun (Unipma) pada hari Selasa, 20 Februari 2024 pada pukul 09.00-16.00 dengan dihadiri pula dosen penerima hibah dari 22 perguruan tinggi lain di lingkungan LLDikti Wilayah VII.

Monev diawali dengan kata pengantar dari Ketua Tim Monev LLDikti Wilayah VII, Indra Zainul, M.Kom. Kata pengantar berisi tentang beberapa hal yang harus diperhatikan sekaligus dilakukan oleh dosen peneliti dalam penyusunan laporan akhir keuangan , yaitu apabila terdapat sisa dana dalam laporan belanja penelitian maka harus dikembalikan kepada negara, apabila belanja penelitian melebihi anggaran maka harus ada penjelasan dari mana sumber dana lebih yang digunakan tersebut, dokumen hardprint yang diserahkan kepada LLDikti Wilayah VII adalah yang fotocopy legalisir dan yang asli disimpan oleh LPPM atau peneliti, serta format laporan keuangan harus disesuaikan dengan template dari BIMA. 

Selanjutnya, untuk menyambut kehadiran para peserta monev, Rektor Unipma Dr. Supri Wahyudi Utomo, M.Pd memberikan kata sambutan selamat datang disertai dengan ucapan terimakasih kepada LLDikti Wilayah VII yang telah memberikan kepercayaan kepada Unipma sebagai tempat dilaksanakan monev. Tak lupa disertai pula dengan harapan semoga peserta mendapatkan suasana yang nyaman sehingga kegiatan monev berjalan lancar. 



Monev dibuka secara resmi oleh Kepala Bagian Umum LLDikti Wilayah VII, dr. Ivan Rovian, M.Pk dengan memberikan beberapa arahan antara lain: kolaborasi dan sinergitas antar perguruan tinggi harus terus dibangun demi meningkatkan kualitas kinerja tri dharma perguruan tinggi, monev merupakan pertanggungjawaban sekaligus upaya memastikan anggaran negara tersalur dan terserap secara tepat sasaran, tepat guna, dan tepat laporan. Selain arahan juga ada harapan, semoga anggaran negara dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dapat diserap dan dimanfaatkan oleh lebih banyak lagi perguruan tinggi, sehingga manfaatnya bagi masyarakat juga semakin luas. Setelah dibuka secara resmi dengan bacaan Basmalah, dilanjutkan dengan doa bersama yang dipimpin oleh civitas akademika Unipma, Bapak Imam Amirudin, SH.




Kegiatan terakhir dari rangkaian monev adalah proses tanya jawab dan atau klarifikasi yang dilakukan oleh tim LLDikti Wilayah VII terhadap dosen peneliti yang diwakili oleh Tim LPPM dari perguruan tinggi penerima hibah, termasuk Unipdu Jombang. Proses monev dapat dilalui oleh Unipdu Jombang dengan lancar, dimana semua tagihan dalam ketentuan penerimaan hibah dapat dipenuhi. Tagihan yang dimaksud meliputi penyusunan laporan akhir penelitian, pembuatan laporan pertanggungjawaban , dan luaran wajib berupa publikasi artikel ilmiah. Keberhasilan dosen Unipdu Jombang dalam mendapatkan dana hibah Kemendikbudristek tahun 2023, memberikan harapan besar bagi Tim LPPM bahwa dosen Unipdu Jombang mampu mendapatkan dana hibah serupa di waktu-waktu yang akan datang dengan jumlah dosen penerima yang makin banyak dan dalam skema hibah yang beragam (ul)