Iklan

,

Tahu Lebih Dekat, Mahasiswa KKN Tim II Undip Membuat Booklet Inventarisasi Potensi Pembangunan Desa Tambakboyo

Minggu, 13 Agustus 2023, 10.08 WIB Last Updated 2023-09-02T09:17:45Z

 

Kabar Nusantara - Klaten, pada 25 Juli 2023, Mahasiswa KKN Tim II FISIP Undip menjalankan program Pembuatan Booklet Inventarisasi Potensi Pembangunan Desa Tambakboyo, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Perlu diketahui, Desa Tambakboyo merupakan desa yang terkenal akan potensi konveksinya. Di sisi lain, Desa Tambakboyo juga memiliki keunggulan dalam berbagai bidang, seperti pertanian, perikanan, dan industri. Keunggulan-keunggulan potensi yang ada di Desa Tambakboyo, tentunya dapat menjadi tempat dilaksanakannya Pembangunan desa secara berkelanjutan. Sebagaimana yang tertulis dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, Pembangunan desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa. Untuk memenuhi peningkatan potensi, penting bagi pemerintah untuk melakukan pendataan terkait potensi pedesaan.


Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan pengembangan potensi desa yang ada di Desa Tambakboyo. Dengan melihat adanya potensi-potensi di Desa Tambakboyo yang belum sepenuhnya dikenal oleh masyarakat luas. Alhasil, wilayah yang dapat dikembangkan potensinya lebih banyak dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa menjadi terhambat. Di sisi lain, pentingnya pendataan potensi di wilayah desa akan berpengaruh bagi pembangunan desa secara keberlanjutan. Maka dari itu, mahasiswa melakukan pendataan potensi pembangunan desa yang meliputi berbagai aspek, seperti: sumber daya alam, sumber daya manusia, industri, seni dan kebudayaan. Untuk menjunjung tinggi validitas dari potensi yang ada, mahasiswa turut melakukan survei secara langsung kepada masyarakat juga perangkat desa terkait dengan potensi yang ada di Desa Tambaboyo.



Sebagai wujud dari pendataan poensi tersebut, mahasiswa membuat Booklet terkait Inventarisasi Potensi Pembangunan Desa Tambakboyo yang berisi berbagai potensi juga langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menemukan potensi-potensinya. Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa potensi-potensi yang ada di masyarakat mampu menjadi aspek yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dengan memanfaatkan kawasan pedesaan yang mempunyai kegiatan utama pertanian, tentunya masyarakat bisa mengelola sumber daya alam dengan baik sesuai dengan fungsi kawasan pedesaan tersebut. Harapannya adalah masyarakat bisa memanfaatkan potensi yang ada sesuai dengan kemampuan baik secara individu maupun kelompok, juga pemerintah desa dapat menentukan kebijakan yang sesuai untuk melakukan pengembangan sekaligus pembangunan pedesaan.

#KKN UNDIP