Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Gandeng “Kampung Si Ahong” dalam Pembuatan Keripik Binahong -->

Mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur Gandeng “Kampung Si Ahong” dalam Pembuatan Keripik Binahong

Senin, 26 Juli 2021


Kabar Nusantara - Daun binahong merupakan salah satu tanaman berkhasiat yang saat ini cukup jarang ditemukan. Daun binahong bermanfaat untuk membantu luka agar cepat kering dengan cara ditumbuk dan dioleskan kepada luka. Tak hanya mengobati dari luar, daun binahong juga dapat membantu pengobatan dari dalam tubuh. Ketika dikonsumsi dengan takaran yang pas, daun binahong mampu membantu proses penyembuhan penyakit dalam tubuh.


Di Surabaya sendiri, ada salah satu kampung yang memberdayakan daun binahong. Karena sangat melekat dengan daun binahong, kampung ini memiliki julukan “Kampung Si Ahong” yaitu Anak Binahong. Kampung ini berada di RW 09, Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Kecamatan Kenjeran, Kota Surabaya. Daun binahong ini dibudidayakan di Taman Ahong yang berada di tengah-tengah perkampungan padat penduduk tersebut. Melihat potensi ini, Mahasiswa KKN Kelompok 39 UPN Veteran Jawa Timur yang dibimbing oleh DPL, Ibu Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si. tertarik untuk membantu memberdayakan daun binahong dengan cara diolah menjadi keripik binahong.


Rabu 21 Juli 2021, Mahasiswa KKN Kelompok 39 UPN Veteran Jawa Timur yang diketuai oleh Muhammad Fauzan sosialisasi pembuatan kripik binahong di Taman Ahong tersebut. Sosialisasi ini dihadiri oleh beberapa warga sekitar, dan tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Mulanya, Mahasiswa KKN Kelompok 39 UPN Veteran Jawa Timur menjelaskan bagaimana cara memilih daun binahong yang baik untuk dikonsumi karena tidak semua daun binahong kondisinya layak untuk dikonsumsi yang dipandu oleh Andree Budiharjo Sutejo selaku Ketua Divisi Pemberdayaan & Kewirausahaan Kemudian dilanjut dengan memberikan tips agar daun binahong tidak pahit saat dikonsumsi.


Selain itu Mahasiswa KKN Kelompok 39 UPN Veteran Jawa Timur juga memberi penjelasan terhadap bahan apa saja yang harus disiapkan dan tentunya cara pembuatannya juga dipraktekkan oleh Faridatuz Zain di depan warga. Setelah keripik binahong jadi, Mahasiswa KKN Kelompok 39 UPN Veteran Jawa Timur membagikan keripik tersebut kepada warga. Tak lupa juga memberikan Modul yang berisikan tentang pembuatan keripik daun binahong. Modul ini diberikan kepada warga untuk menjadi acuan dalam pembuatan keripik daun binahong.


Keripik binahong menjadi cara baru dalam mengonsumsi daun binahong tanpa takut merasakan rasa asli dari daun binahong. Keripik binahong ini rencananya akan dikembangkan agar dapat membantu perekonomian warga di tengah pandemi covid-19 ini. Dengan adanya keripik binahong ini diharapkan bukan hanya warga sekitar yang terbantu, tetapi orang-orang yang memiliki penyakit tertentu juga dapat terbantu saat mengonsumsi keripik binahong. (Ari)