LPPM Unipdu Bersama Pemda Jombang Dampingi Desa Mojoduwur Kelola Manajemen Kampung Pendidikan -->

LPPM Unipdu Bersama Pemda Jombang Dampingi Desa Mojoduwur Kelola Manajemen Kampung Pendidikan

Minggu, 12 Januari 2020

Peserta Pendampingan Manajemen Pengelolaan Kampung Pendidikan
Kabar Nusantara - Masyarakat Desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang terinovasi untuk membangkitkan semangat belajar untuk para anak. Dengan merubah Pos menjadi sarana belajar anak – anak yang menyenangkan yang di lengkapi dengan berbagai buku bacaan. Kegiatan tersebut mendapat tanggapan yang baik dari pemerintah dan lembaga pendidikan. Melalui Program Pendampingan Inovasi Desa Lembaga Pengembangan Penelitian Pengabdian Masyarakat (LP3M) Unipdu Jombang melakukan pendampingan Manajemen pengelolaan Kampung Pendidikan di Desa Mojoduwur Kecamatan Mojowarno Kabupaten Jombang.

Kegiatan tersebut di hadiri oleh Perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD) Kabupaten Jombang Kholik dalam sambutanya mengemukakan “Program ini akan terus berkelanjutan dan berharap bisa memberikan manfaat khususnya dalam bidang pendidikan anak “. Kepala Desa Mojoduwur yang diwakili oleh sekertaris desa dalam sambutanya menyampaikan ”Pemerintah desa mendukung penuh kegiatan ini dan berharap kampung pendidikan desa mojoduwur bisa lebih berkembang. Sementara itu Ketua Lembaga Pengembangan Penelitian Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unipdu Yahya menyampaikan “Dalam program pendampingan ini kami telah mendatangkan tiga orang tim ahli dalam bidang Pendidikan dan Teknologi Informasi untuk bisa mendampingi Desa Mojoduwur mengelola Kampung Pendidikan”ucapnya.
Narasumber Pendampingan Manajemen Pengelolaan Kampung Pendidikan
Narasumber pertama yaitu Galuh Tisna Widiana yang juga merupakan Asesor Badan Akreditasi PAUD DAN PNF menyampaikan “kita harus mendukung gerakan 181 Rekatkan Keluarga dengan 3B Bermain Belajar dan Berbicara dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dalam membangun kampung pendidikan desa Mojoduwur“. Narasumber kedua Faizal Fuad yang juga merupakan Asesor Badan Akreditasi PAUD DAN PNF menyampaikan “ Kami siap mendampingi Kampung Pendidikan Desa Mojoduwur membentuk Pendirian Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) “ . Sementara itu Ahmad Farhan narasumber ketiga sebagai Ahli bidang teknologi informasi menyampaikan “Kampung Pendidikan Mojoduwur harus memiliki website agar  bisa mempromosikan potensi kampung pendidikan yang bisa memberikan manfaat yang lebih luas, Saya Siap Membantu Membuat Website”ucapnya

Didin selaku penggagas kampung pendidikan ini menyampikan bahwa saat ini telah memiliki relawan sebanyak 86 orang yang siap membantu mengembangkan Kampung Pendidikan di Desa Mojoduwur. (Ari Anggara)