Iklan

,

Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Kabar Nusantara
Kamis, 21 Maret 2019, 13.47 WIB Last Updated 2019-03-21T06:47:24Z
Kabar Nusantara -  Berhenti menggunakan kartu kredit merupakan hak anda sebagai pemegang kartu. Memang, bank tidak akan senang jika ada nasabahnya yang menutup akun kartu kreditnya, tetapi mereka tidak dapat berbuat apa-apa jika itu telah menjadi keinginan kuat anda.
Nah, untuk anda yang ingin berhenti menggunakan kartu kredit, ada dua cara yang dapat dilakukan, yaitu: 1) berhenti menggunakan kartu kredit untuk transaksi, tapi anda tetap dibebani oleh iuran tahunan meskipun tidak pernah menggunakan kartu kredit tersebut; 2) berhenti menggunakan kartu kredit dengan menutup akun kartu kredit, dengan risiko anda mendapat catatan tidak begitu baik dari bank.  Nah, khusus untuk anda yang memilih opsi nomor 2, pilihkartu akan mengulas bagaimana menutup akun kartu kredit anda. yuk, lihat di bawah ini:

1. Permohonan tertulis
Untuk menutup kartu kredit anda, sampaikan keinginan anda tersebut secara tertulis. Anda dapat mengirimkan permohonan tersebut melalui email atau fax. Selain itu, ada baiknya anda menelepon pihak penerbit kartu kredit anda supaya keinginan anda dapat direspon dengan cepat.

2. Jangan terkecoh tawaran bank
Tak ada bank yang suka jika nasabah kartu kreditnya menghentikan layanannya, maka jangan heran jika mereka akan berusaha untuk mempertahankan anda agar tetap mau menjadi nasabahnya.
Karena alasan inilah umumnya mereka kemudian memberikan berbagai alasan supaya anda bersedia membatalkan rencana menutup kartu kredit.

3. Pastikan kartu kredit anda diblokir
Begitu permohonan penutupan kartu kredit anda diterima oleh bank, pastikan bank memblokir kartu kredit anda tersebut. Ini supaya menghindari adanya tagihan yang datang walaupun kartu kredit telah ditutup, usut punya usut ternyata karena kartu kreditnya belum diblokir. Jangan lupa juga untuk menghentikan semua fasilitas pembayaran otomatis yang dilakukan dengan kartu kredit seperti air, listrik, telepon, dsb.

4. Bayar semua sisa tagihan
Sebelum menutup dan memblokir kartu kredit, pastikan anda menyiapkan dana untuk melunasi semua tagihan kartu kredit, yang mungkin saja masih tersisa. Ketika menutup kartu kredit, semua poin reward juga akan hangus, jadi pastikan untuk menghabiskannya sebelum ditutup ya.

5. Pengembalian saldo kredit
Jika anda memiliki saldo kredit, maka itu adalah hak anda. oleh karenanya, pihak penerbit kartu kredit harus mengembalikannya pada tanggal dilakukan penutupan kartu kredit.
Pengembalian dapat dilakukan dengan transfer ke rekening pribadi, dengan biaya transfer ditanggung nasabah kartu kredit.
Jika anda menutup kartu kredit utama, maka kartu kredit tambahan juga akan otomatis tertutup fasilitasnya. Tapi hal yang sama tidak berlaku sebaliknya.
Nah, itu dia poin-poin penting dalam menutup kartu kredit anda. Jadi, manakah yang anda pilih untuk bisa berhenti menggunakan kartu kredit? Apakah ingin berhenti begitu saja tapi tetap membayar iuran tahunan, ataukah dengan menutup kartu kredit? Pastikan anda telah mempertimbangkannya dengan baik ya sobat. ali (Ali.W)