Iklan

,

Tingkatkan Kualitas Komunikasi Publik, Biro Adpim Jatim Gelar Forum Humas Perangkat Daerah Pemprov

Sabtu, 18 Mei 2024, 11.29 WIB Last Updated 2024-05-18T14:50:03Z


Kabar NusantaraPemerintah Provinsi Jawa Timur lewat Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setda Prov. Jatim menggelar Forum Humas Perangkat Daerah di Ruang Rapat Gedung Wisanggeni, Unit 8 Kompleks Kepatihan Pemprov DIY, Jumat (17/5).

Forum tersebut dikemas dalam Studi Lapangan Peningkatan Kapasitas dan Sinergitas Pengelolaan Materi dan Komunikasi Pimpinan bagi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Adapun tema yang diangkat "Kolaborasi Pentahilx dalam Pengelolaan Materi dan Komunikasi Pimpinan". 


Dihadiri sebanyak 107 peserta yang merupakan Pejabat Fungsional Pranata Humas dan Pejabat Pelaksana yang membidangi kehumasan dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.


Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kepala Biro Adpim Setda Prov. Jatim Pulung Chausar dan dibuka oleh Kepala Biro Umum, Humas dan Protokol Setda Prov. DIY Teguh Suhada.


Dalam sambutannya, Kepala Biro Adpim Setda Prov. Jatim Pulung Chausar mengatakan, Forum Humas Perangkat Daerah merupakan langkah strategis untuk peningkatan kualitas komunikasi publik dan efektifitas pengelolaan pemerintah daerah.


“Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan kehumasan bagi pejabat fungsional Pranata Humas dan/atau pejabat pelaksana yang membidangi kehumasan/komunikasi publik dalam dalam menyediakan materi serta mengelola komunikasi secara efektif dan efisien,” jelasnya.


Menurutnya, kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan kapasitas, sinergitas, kolaborasi, partisipasi antar humas Perangkat Daerah guna menciptakan iklim komunikasi publik yang positif dan massif.


“Sinergi dan kolaborasi yang kuat dari seluruh perangkat daerah nantinya diharapkan akan memberikan dampak bagi kemajuan ranah publikasi utamanya setiap program dan kebijakan yang dihasilkan setiap instansi,” kata Pulung.


Pada kesempatan yang sama, Pulung menekankan rangkaian kegiatan ini adalah skema pengembangan klasikal berbasis best practice dengan pendalaman materi yang disampaikan oleh narasumber dan kompetensi praktisi yang sangat kompeten. 


Sementara itu, Kepala Biro UHP Setda Provinsi DIY, Teguh Suhada menyampaikan, kerjasama antara Pemprov DIY dan Pemprov Jatim perlu diapresiasi, karena akan menumbuhkan hubungan yang baik kedepannya di segala bidang. 


Terkait dengan tema studi pelatihan, Teguh menegaskan bahwa kehumasan menjadi tolak ukur suksesnya penyebaran informasi yang dihasilkan suatu instansi. Outputnya adalah informasi tersebar ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga tujuan komunikasi publik bisa tercapai secara efisien. 


Untuk diketahui, Forum ini diisi oleh tiga narasumber. Diantaranya Ditya Nanaryo Aji selaku Koordinator Bagian Humas, Biro UHP Setda Prov. DIY. Sesi kedua disampaikan Pimpinan Redaksi Surat Kabar Kedaulatan Rakyat, Otto Lampito. Selanjutnya, disampaikan oleh Co-Founder Think Public Relations Yogyakarta, Ayu Kusumaningtyas. 


Kegiatan yang berlangsung meriah tersebut juga dihadiri para pejabat dari masing-masing pihak baik dari Pemprov Jatim maupun Pemprov DIY.