Iklan

,

Mahasiswa Teknik Kimia UPNVJT di Berangkatkan ke Desa dalam Program Bina Desa 2024

Minggu, 05 Mei 2024, 08.24 WIB Last Updated 2024-05-13T08:34:52Z

Kabar Nusantara
- Jombang, 2 Mei 2024 – Menjadi sebuah langkah yang baik bagi pengembangan desa dan penerapan ilmu pengetahuan terjadi hari ini, saat mahasiswa teknik kimia dari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur berangkat menuju desa Galengdowo, Jombang untuk memulai Program Bina Desa 2024. 

Sebanyak 3 kelompok yang terdiri atas 16 orang mahasiswa dari Fakultas Teknik dan Sains Program Studi Teknik Kimia Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur (UPNVJT) telah diberangkatkan ke Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang sebagai bagian dari program bina desa. Selama kegiatan mahasiswa/i didampingi oleh Dosen Pendamping Lapangan, yakni Ir. Mu’tasim Billah M.S. dan Atika Nandini, S.T., M.S. Mereka akan menghabiskan selama satu bulan untuk bekerja sama dengan masyarakat setempat dalam mengembangkan berbagai proyek yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup masyarakat desa.

Dalam upacara pelepasan yang diadakan di Balai Desa Galengdowo, Dosen Pendamping Lapangan - Ir. Mu’tasim Billah M.S., menyampaikan harapannya agar program ini dapat menjadi jembatan antara teori yang telah didapatkan selama perkulian dan praktik dilapangan, khususnya dalam masyarakat. “Ini adalah kesempatan bagi mahasiswa kita untuk menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari dan membuat perubahan nyata di masyarakat,” ujar beliau. Selain itu Pak Mu’tasim juga berharap agar selama kegiatan berlangsung mahasiswa/i dapat diterima dengan baik oleh masyarakat setempat. Hal tersebut disambut hangat oleh Kepala Desa Galengdowo, Pak Wartomo beliau menyampaikan “Alhamdullilah UPNVJT selalu diterima oleh kami dengan baik untuk melaksanakan kegiatan bina desa maupun KKN”.

Program Bina Desa 2024 dirancang untuk memberikan mahasiswa kesempatan menerapkan pengetahuan teknik kimia mereka dalam proyek-proyek yang mendukung pengembangan desa. Seperti pengolahan limbah desa menjadi pupuk organik hingga pembuatan biogas, mahasiswa akan bekerja langsung dengan warga desa untuk meningkatkan kualitas hidup dan ekonomi yang berkelanjutan dalam mendukung SDGs. Mahasiswa tidak hanya akan berbagi pengetahuan, tetapi juga dapat belajar melalui pengalaman hidup warga desa. “Kami berharap melalui kolaborasi yang dilakukan melalui program bina desa, banyak pelajaran hidup yang dapat kami petik dari warga desa serta dengan program kerja yang akan dilaksanakan menjadi suatu kegiatan yang berkelanjutan bagi warga desa” ujar Ilham, salah satu mahasiswa yang berpartisipasi. Program ini diharapkan dapat menjadi model untuk kerjasama antara universitas dan komunitas desa di masa depan. Dengan pengetahuan dan teknologi yang tepat, diharapkan Desa Galengdowo akan mencapai kemajuan yang berkelanjutan.
Program Bina Desa ini akan terus berlanjut, dan diharapkan akan lebih banyak lagi mahasiswa yang terinspirasi untuk mengambil bagian dalam upaya pembangunan desa. Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, mahasiswa teknik kimia ini telah menunjukkan bahwa mereka adalah agen perubahan yang dapat diandalkan untuk masa depan Indonesia yang lebih cerah.

Program studi Teknik Kimia UPN Veteran Jawa Timur untuk membangun technopreneurship yang berorientasi pada penerapan teknologi berbasis rekayasa terapan teknik kimia dilakukan dengan mengirimkan mahasiswa yang ingin mengembangkan jiwa technopreneurship untuk mengimplementasikan ide di proyek Bersama Mitra desa salah satunya proyek Bina Desa. Bina desa berperan kepada mahasiswa dalam melaksanakan diseminasi produk dan teknologi tepat guna kepada masyarakat desa binaan. Melalui program ini diharapkan masyarakat juga mampu membuat produk teknologi sehingga berkembang aplikasi teknologi tepat guna di desa tersebut.

#teknikkimia
#tekkim
#teknikkimiaupnvjt
#upnvjt
#galengdowo
#mahasiswa