Iklan

,

PUPR Gratiskan Ruas Tol Fungsional Solo dan Kartasura-Klaten untuk Mudik 2024

Senin, 08 April 2024, 09.51 WIB Last Updated 2024-04-08T02:51:25Z

 


Kabar Nusantara - 
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka gratis secara fungsional ruas tol Solo - Yogyakarta - New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan ruas Kartasura - Klaten.


Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa ruas tol sepanjang 22,3 kilometer itu akan dibuka secara fungsional guna mengurai kemacetan saat arus mudik dan arus balik Idulfitri 2024, serta mempersingkat waktu tempuh. 

"Masyarakat dari Solo menuju Yogyakarta bisa masuk dari gate Colomadu atau Kartasura baik dari arah Semarang atau dari arah Surabaya dan keluar di gate Ngawen sepanjang 22,3 kilometer, sehingga sudah bisa melewati sekitar 38 traffic light antara Solo-Yogyakarta sehingga diharapkan dapat mengurai kemacetan," kata Menteri PUPR Basuki saat meninjau langsung Jalan Tol Solo - Yogyakarta  di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (6/4/2024). 

Jalan Tol Solo/Kartasura - Klaten akan mulai difungsionalkan mulai 5 -15 April 2024 pada pukul 06.00-17.00 WIB. Selama masa fungsional, jalan tol ini hanya dapat dilalui oleh kendaraan Golongan I yaitu roda empat non bus. 

Sejauh ini sudah mulai tampak mobil-mobil mulai banyak menggunakannya searah dari Solo/Kartasura ke Klaten sesuai pengaturan Kepolisian setempat

Sejalan dengan Menteri PUPR Basuki, Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian mengatakan bahwa dengan fungsionalnya ruas Solo/ Kartasura - Klaten dapat dipangkas hingga 50 persen lebih cepat.

“Untuk waktu tempuh melalui jalan nasional Solo/Kartasura - Klaten, kurang lebih sekitar 50-60 menit. Sementara dengan jalan tol fungsional, waktu tempuhnya menjadi sekitar 25-30 menit saja,” ujar Dirjen Hedy dalam siaran pers yang diterima InfoPublik pada Sabtu (6/4/2024).

Dirjen Hedy mengharapkan dengan dibukanya ruas tol ini diharapkan membuat nyaman para pemudik karena sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas dasar sehingga memudahkan seperti layanan informasi, BBM Mobile Jalan Tol, PJR (Patroli Jalan Raya), tenaga medis, kendaraan derek, hingga toilet. 

"Diharapkan, perjalanan mudik yang melalui jalan tol fungsional Solo/Kartasura hingga Klaten menjadi semakin nyaman dan singkat waktu tempuhnya,” kata Dirjen Hedy. 

Turut hadir mendampingi Menteri PUPR Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Pembangunan Jalan Wida Nurfaida, dan Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Rien Marlia.

sumber