Iklan

,

PMM UMM Tingkatkan Skill Tentang Website Kepada Forum Anak dan Karang Taruna

Kabar Nusantara
Kamis, 22 Februari 2024, 09.00 WIB Last Updated 2024-03-26T06:44:34Z


Kabar Nusantara - Pengabdian kepada Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) , mengacu pada Tri Dharma perguruan tinggi. Salah satu tujuannya yakni untuk mengimplementasikan ilmu yang didapat kepada masyarakat secara langsung. Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). 


Kali ini  kami PMM kelompok 22 gelombang 3 mengabdi dengan mengadakan serangkaian kegiatan di Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Batu, Kota Batu. Kami beranggotakan lima orang, terdiri dari Agus Fahmi Aji Pramana dengan NIM 202010370311321, Fauzan Adrivano Setiono dengan NIM 202010370311312, M. Imam Rosadi dengan NIM 202010370311311 berasal dari program studi Teknik Informatika dan  Lyccia Ayu Kartiningtyas dengan NIM 202210410311310, dan juga Hanum Widyasyafitri dengan NIM 202210410311218 dari program studi farmasi yang dibimbing langsung oleh Bapak Dana Marsetiya Utama, S.T, M.T., selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).


Kami mengadakan sebuah kegiatan Pelatihan Pembuatan Website yang ditujukan kepada Forum Anak dan Karang Taruna di Desa Oro Oro Ombo. Kegiatan yang dilaksanakan pada 10 Februari 2024 di Aula Balai Desa Oro-Oro Ombo ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai pembuatan website serta penggunaan WordPress kepada peserta, yang mayoritas merupakan anggota Forum Anak dan Karang Taruna berumur 12 – 17 tahun.


Keterampilan membuat website menjadi sangat penting di era digital ini karena website telah menjadi salah satu sarana utama untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan memasarkan produk atau jasa. Kemampuan untuk membuat dan mengelola website tidak hanya membuka peluang untuk berkarir di bidang teknologi informasi, tetapi juga menjadi aset berharga dalam berbagai bidang profesi. Dengan memiliki skill ini, seseorang dapat membangun portofolio online, memperluas jangkauan bisnis, atau bahkan memulai bisnis online mereka sendiri. Selain itu, skill membuat website juga memungkinkan individu untuk mengungkapkan kreativitas dan ide-ide mereka secara visual, serta memperluas pengetahuan mereka dalam hal pengembangan web dan teknologi.

"Maka dari itu kegiatan ini diadakan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membuat website di era digital seperti sekarang, karena website telah menjadi sarana utama untuk berkomunikasi, berbagi informasi, dan memasarkan produk atau jasa. Dengan kemampuan ini, diharapkan para peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat mengembangkan kreativitas mereka dalam membuat sebuah website", ujar Agus Fahmi, pada Jumat (16/2/2024).


“Dalam kegiatan ini, para peserta diajarkan mengenai dasar-dasar pembuatan website, proses penggunaan WordPress, serta pemanfaatan template yang tersedia di dalam platform tersebut. Tak hanya berhenti pada teori, para peserta juga diajak untuk langsung mempraktekkan pembuatan website dengan menggunakan WordPress, dengan didampingi oleh para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang”, ujar mahasiswa Teknik Informatika tersebut.

Untuk menciptakan suasana yang lebih interaktif dan menyenangkan, selama pelatihan juga diselenggarakan sesi ice breaking dengan beberapa permainan. Hal ini bertujuan untuk membantu peserta lebih nyaman dan terlibat aktif dalam kegiatan.

Pada akhir kegiatan, sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi dan karya yang telah dihasilkan, para peserta diberikan hadiah dan sertifikat. Hadiah diberikan kepada beberapa peserta dengan kriteria tertentu, seperti website yang paling menarik atau website dengan informasi yang paling lengkap. 


Koordinator kelompok, Agus Fahmi Aji Pramana menjelaskan bahwa hal ini diharapkan dapat menjadi motivasi tambahan bagi peserta untuk terus mengembangkan kemampuan mereka dalam bidang pembuatan website.

“Kami berharap bahwa ilmu yang kami berikan dalam kegiatan pelatihan ini dapat mengasah kemampuan para peserta dan menjadi landasan bagi pengembangan lebih lanjut di masa depan,” ungkapnya. 



Para mahasiswa berharap, peserta dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh untuk membuat website yang lebih baik dan lebih fungsional, serta memanfaatkannya secara optimal untuk kepentingan pribadi maupun komunitas. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan tidak hanya menjadi sekedar acara satu kali, tetapi juga menjadi awal dari perjalanan panjang dalam pengembangan keterampilan teknologi informasi bagi para peserta.




“Alhamdulillah respon peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Ibu-ibu PKK yang menaungi Forum Anak juga sangat mendukung adanya kegiatan ini, dengan adanya pelatihan seperti ini diharapkan ilmu yang didapatkan bisa menjadi bekal untuk para peserta terlebih lagi pada zaman yang serba digital seperti saat ini,” katanya menutup.(Aji)