Iklan

,

GPR Academy National Bootcamp 2023 Berakhir, Peserta Ungkap Spektakuler

Kabar Nusantara
Kamis, 07 Desember 2023, 08.43 WIB Last Updated 2023-12-24T07:38:11Z



Kabar Nusantara - Government Public Relations (GPR) Academy National Bootcamp 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Jawa Timur digelar di Kota Surabaya dan Kota Batu, 4 - 6 Desember 2023, secara resmi berakhir. Perhelatan pertemuan anggota Humas Pemerintah yang berasal dari Kabupaten Kota di Jatim dan diikuti peserta dari provinsi lain di Indonesia ini, dinilai oleh peserta berhasil dan spektakuler. Peserta dari Kabupaten Majene Provinsi Sulawesi Barat dan Kota Mataram Provinsi NTB mengungkapkan hal yang sama.


"Spektakuler, dari sekian kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi yang saya ikuti baru kali ini di GPR Academy oleh BPSDM Jatim yang meriah dan berbobot teori dan dipraktekkan dalam acara Field Trip di Kota Wisata Batu, menjadi inspirasi bagi Provinsi Sulawesi Barat untuk menyelenggarakan," ungkap Anggota Ikatan Pranata Humas dari Kabupaten Majene.


Sementara itu dalam acara Apresiasi dan Closing Ceremony GPR Academy National Bootcamp 2023 yang digelar di Amarthahills Hotel - Resort Kota Batu, dihadiri PJ Walikota Batu, Aries Agung Paewai, Kepala BPSDM Jatim, Ramliyanto, Kepala OPD BKD, Diskominfo dan Biro Adpim diwakili Pejabat Eselon III, Ketum Iprahumas, Thoriq Ramadhani, Founder - CEO, NoLimit Indonesia, Aqsath Rasyid Naradhipa dan Peserta GPR Academy National Bootcamp.


Dalem acara ini diberikan penghargaan berupa piagam dan hadiah lomba bagi Peserta Terbaik - Kompetisi GPR : 1. Kelas Humas Pendidikan, Hijrah Saputra - Kantor Kemenag Bondowoso. 2. Kelas PR Program, Suhermin Rahayu - SMKN 2 Kota Batu. 3. Kelas Jurnalistik, Eka Maria Ulfa - Prokopim Kabupaten Pasuruan.4. Kelas Literasi Digital, Unik Hayati - Satpol PP Bangkalan. Sedangkan Juara Kompetisi GPR Academy National Bootcamp 2023 : Kategori Photo Competition, Juara I : Yongki Dwi (Diskominfo Lumajang) Juara II : Arnanda Krismanto (Setdakab Gresik) dan Juara III : Laylatul Desia Rohmati (Disporapar Jombang). Kategori Reels Competition : Juara I : Fajar Bagus Setiawan (Set. DPRD Jatim), Juara II : Rahmat Arif Triantono (Diskominfo Lumajang) dan Juara III : Ayu Khoirunnisa (Diskominfo Kota Malang).


Kepala BPSDM Jatim, Ramliyanto dalam sambutannya mengatakan rangkaian Kegiatan GPR Academy National Bootcamp 2023 diakhiri dengan seluruh Peserta mengikuti kegiatan Field Trip ke Kota Wisata Batu, 6 - 7 Desember 2023. Sesi Field Trip ini merupakan implementasi ketrampilan Kehumasan berupa liputan, fotografi dan publikasi, karyanya dikompetisikan yang diikuti seluruh peserta. Seluruh karya dikompetisikan setelah dilakukan penilaian diberikan penghargaan piagam dan hadiah lomba berupa uang.


 "Mengutip statement Gubernur Khofifah, Humas bisa menjadi referensi replikasi dari inovasi inovasi yang ada dari instansi bertugas. GPR Academy National Bootcamp ini merupakan salah satu ajang pengembangan kompetensi secara terintegrasi dengan tugas sehari-hari dan menyenangkan," ungkap Ramliyanto.


Sementara Pj. Walikota Batu, Aries Agung Paewai mengatakan pihaknya secara pribadi pernah menjadi bagian dari Humas sejak menjabat Karo Humas Protokol Setdaprov Jatim. Pengalaman bagaimana memberikan pelayanan kepada Pimpinan terutama dalam hal bidang kehumasan, rilis berita foto dan bahan publikasi lainnya. Ia melihat dan belajar secara khusus dari Gubernur Khofifah yang sangat teliti dan detail serta profesional terkait rilis berita dan pemilihan foto sebelum dipublikasikan. Eksistensi Humas sangat strategis di mata Pimpinan, ada ruang diskusi dan saran tentang hal yang berkaitan dengan kehumasan, bisa memberikan masukan bahkan tidak menyetujuinya dengan melakukan komunikasi yang baik. Baginya selaku Pj Walikota Batu atau Kadis Pendidikan Jatim, media sosial miliknya digarap sendiri pada malam hari dilakukan setelah tugasnya selesai. Setiap ASN harus siap ditugaskan di posisi apa saja, maka berbahagialah sebagai Humas yang bisa selalu berinteraksi dengan Pimpinan, dan kelak akan menjadi pengalaman tempaan ketika ditunjuk sebagai pejabat.


"Kegiatan GPR Academy ini bagian dari penempaan sekaligus pengalaman dan ajang bertukar pengalaman dari instansi dan daerah masing masing. Terima kasih Kota Batu dipilih jadi lokasi acara Field Trip dan BPSDM Jatim yang selalu memilih Kota Batu jadi pilihan tempat kegiatan," terang Aries.