Iklan

,

Menko PMK Terjun Langsung ke Lokasi Bencana Kekeringan di Kabupaten Puncak

Kabar Nusantara
Jumat, 04 Agustus 2023, 09.33 WIB Last Updated 2023-08-04T02:33:17Z



Kabar Nusantara - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengunjungi langsung daerah terdampak bencana kekeringan yang menyebabkan gagal panen dan kelaparan di Kabupaten Puncak, Provinsi Papua Tengah.


Kunjungannya tersebut memenuhi perintah Presiden RI Joko Widodo, di mana Presiden memerintahkan Menko PMK untuk menangani secara langsung bencana kekeringan dan kelaparan yang melanda Kabupaten Puncak,"Alhamdulillah, kemarin setelah tertunda karena cuaca, pada hari ini tadi saya dengan Bapak Kepala BNPB bisa berkunjung langsung ke daerah sasaran," kata Menko Muhadjir di Bandara Mozes Kilangin usai mengunjungi Kabupaten Puncak pada Kamis (3/8/2023).


Setibanya di Bandara Sinak, sekitar 200 orang warga dari tiga distrik terdampak dari Distrik Agandugume, Lambewi, dan Oneri menyambut kedatangan Menko Muhadjir. Kedatangan masyarakat juga bertujuan untuk mengambil bantuan logistik.Menko Muhadjir menyerahkan secara langsung bantuan pada masing-masing Kepala distrik terdampak dari Distrik Agandugume, Lambewi, Oneri. Ia meminta kerja sama semua pihak untuk untuk menjaga keamanan wilayah.


Termasuk juga rencana akan dibangunnya lumbung pangan di wilayah Distrik Agandugume. Menurutnya, keamanan menjadi faktor penentu kelancaran penyaluran bantuan logistik yang akan disalurkan pemerintah.


Selain itu juga, Menko Muhadjir juga mengatakan bantuan diupayakan untuk disalurkan secara periodik mengikuti musim kekeringan dan embun beku yang melanda Kabupaten Puncak.


"Bantuan logistik akan kita terus suplai sampai betul-betul mereka lepas dari kondisi yang tidak baik ini, Dan tahun depan mudah-mudahan bisa kita tangani lebih baik lagi," kata Menko Muhadjir.

Pemerintah melalui Kemensos, BNPB, dan TNI telah menyalurkan berbagai ragam bantuan logistik dan peralatan untuk membantu masyarakat Kabupaten Puncak yang terdampak bencana kekeringan dan kelaparan.Selain itu juga pihak swasta juga turut berkontribusi dalam memberikan bantuan yang diperlukan masyarakat. Menko Muhadjir menyampaikan, bantuan-bantuan tersebut sudah sampai di seluruh daerah yang terdampak.


"Yang jelas bantuan sudah sampai dan diterima para Kepala Suku. Dan tadi sudah dijelaskan, biasanya nanti pembagiannya diatur oleh Kepala Suku," kata Menko PMK.


Pada kesempatan itu juga, Menko Muhadjir mendapatkan aspirasi dari masyarakat agar lebih banyak infrastruktur yang dibangun di wilayah Kabupaten Puncak supaya akses ke tiap daerah bisa terjangkau.

Termasuk juga  salah satu jembatan yang longsor di Distrik Sinak yang merupakan pengubung ke tiap distrik. Aspirasi tersebut ditampung dan menyampaikan akan membawa masalah itu ke pusat. Pemerintah, kata Menko Muhadjir akan memberikan perhatian lebih dalam pembangunan infrastruktur di kawasan pedalaman Papua Tengah.


Sumber: infopublik