Iklan

,

Dosen Unipdu Berinovasi pada Pembuatan Pakan Ternak Ikan Lele Berprobiotik Tinggi

Rabu, 10 November 2021, 14.40 WIB Last Updated 2022-01-25T00:36:07Z



Kabar Nusantara - Jombang merupakan daerah Jawa Timur yang terkenal dengan kota Santri. Selain itu, Jombang dikenal sebagai budidaya lele. Ada sekitar 10 pondok pesantren besar di Jombang. Konsumsi lele semakin meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2021 konsumsi lele mencapai 


Kualitas pakan ternak lele mempengaruhi berat badan lele. Kompoisi protein, vitamin dan kandungan lainnya harus sesaui agar pertumbuhan lele bisa maksimal. Hal ini selaras dengan tujuan podakaan Tirta Lestari Desa Bendet yang ingin meningkatkan kemandirian pakan ternak lele. Dalam pembudidayaan lele, selain target produksi  yang tidak kalah penting yaitu peningkatan kesejahteraan para pembudidaya. 


Oleh karena itu, Wiwit Denny Fitriana, M.Si. berinovasi untuk membuat pakan ternal lele alternative dengan penambahan probiotik. Komposisi pakan ternak lele terdiri dari tepung polard (40%), tepung ikan (30%), probiotik EM4. Pakan ternak ini telah digunakan pada Podakkan  Tirta Lestari Desa Bendet  dan berhasil meningkatkan berat ikan lele hasil panen sebesar 20%. Dampak pandemi Covid-19 masih menjadi momok pada penurunan ekonomi secara umum disemua sektor. Harapannya sektor perikanan budidaya menjadi salah satu penopang kebangkitan ekonomi masyarakat. Kemandirian pembuatan pakan ternak berprobiotik ini diharapkan mampu meningkatkan target pendapatan para pembudidaya, agar mereka bisa lebih mandiri dan mapan. (Eko)