PANJARE SI MINUMAN HERBAL KAYA MANFAAT PRODUK MAHASISWA KKN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR -->

PANJARE SI MINUMAN HERBAL KAYA MANFAAT PRODUK MAHASISWA KKN UPN “VETERAN” JAWA TIMUR

Senin, 26 Juli 2021

Penyuluhan tentang pembuatan produk inovasi minuman Panjare oleh Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) "Veteran" Jawa Timur 


Kabar Nusantara - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan salah satu penopang ekonomi yang dapat menyerap banyak tenaga kerja, mengurangi tingkat inflasi dan dapat meningkatkan perekonomian terutama saat pandemi COVID-19 saat ini. Salah satu cara untuk bertahan ditengah sengitnya persaingan saat ini yaitu, dengan melakukan inovasi serta kreasi untuk mengembangkan suatu produk.  

Produk yang cukup trend di masa saat ini kebanyakan mengusung bertema herbal yang digunakan untuk menjaga daya tahan tubuh.  Seperti ide produk yang dibuat oleh mahasiswa peserta KKN Tematik Bela Negara Kelompok 38 UPN Veteran Jawa Timur yang dibimbing oleh DPL, Ibu Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si. Ide produk yang akan dikembangkan yaitu Panjare, minuman herbal yang berasal dari rempah-rempah yang terdiri jahe, daun pandan, dan sereh. Dalam mendukung program kegiatan ini, mahasiswa KKN  Kelompok 38 menggandeng ibu-ibu PKK Kelurahan Dupak, Kecamatan Krembangan, Surabaya untuk memperkenalkan serta memberikan penyuluhan tentang inovasi dari produk Panjare ini. 

“Produk minuman herbal panjare ini tentu memiliki peluang yang sangat besar serta dirasa akan meraih keuntungan bisnis yang cukup baik. Sebab masih jarang minuman herbal yang menggunakan bahan dari pandan, jahe, serta sereh sebagai bahan utamanya. Kemasan yang menarik juga akan menjadi salah satu faktor pendukung dalam menarik minat konsumen dan bersaing dengan produk yang lain dipasaran” ungkap Retno Widya Ningrum selaku Ketua Divisi Kewirausahaan Mahasiswa KKN Kelompok 38, Jum’at (23/07/2021).


Penyuluhan inovasi Panjare ini dilakukan mahasiswa KKN secara daring dan luring, mengingat kondisi pandemi saat ini agar tidak menimbulkan kerumunan.  Penyuluhan secara teknis, dilakukan oleh Retno beserta anggotanya untuk menjelaskan cara pembuatan Panjare. Dari awal penyiapan bahan hingga tahap pengemasan melalui platform Zoom Meeting. Penyuluhan diikuti oleh ibu-ibu TP PKK Kelurahan Dupak dengan sangat antusias, Jum’at (23/07/2021).


 “Setelah melihat tayangan pengolahan Panjare ini, saya merasa tertarik untuk mencoba dirumah. Selain lebih cepat dan aman untuk dikonsumsi minuman ini juga punya banyak manfaat. Saya akan memberi tahu ibu-ibu yang lainnya tentang minuman ini” menurut Ibu Sunartik selaku anggota PKK, setelah mengikuti penyuluhan yang diadakan mahasiswa KKN Kelompok 38 ini. 


Selain penyuluhan mengenai produk Panjare, mahasiswa KKN Kelompok 38 UPN Veteran Jawa Timur juga memberikan materi untuk mempromosikan produk dari UMKM yang ada pada daerah tersebut di sosial media yang dikoordinir oleh Ibu Lurah, yaitu Ibu Nurweda Pramawati Lutfan Adie Wibowo S. STP selaku koordinator dari kegiatan penyuluhan yang dilakukan KKN Kelompok 38.  


Luaran dari kegiatan KKN Kelompok 38 ini diharapkan, Panjare menjadi sebuah produk inovasi yang dapat dikembangkan secara komersil serta digemari masyarakat karena, bahan utamanya terbuat dari herbal alami yang memiliki khasiat cukup banyak manfaat dan kenikmatan yang dapat menghangatkan, menyegarkan dan menyehatkan tubuh. Serta bisa menjadi salah satu unit usaha yang dapat dikembangkan dan menguntungkan bagi pihak terkait. (Ari)