Mahasiwa Unipdu Laksanakan Pendampingan Kegitatan Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Quran -->

Mahasiwa Unipdu Laksanakan Pendampingan Kegitatan Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Quran

Senin, 31 Agustus 2020

Kegitatan Pembelajaran Membaca dan Menulis Al-Quran

Kabar Nusantara - Aktivitas kegiatan Mahasiswa UNIPDU Jombang di masa pandemi Covid-19  dengan melaksanakan pendampingan proses kegiatan belajar mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ). Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UNIPDU Jombang bernama Diah Anggun Kurniawati (1117066) yang sedang melaksanakan Kuliah Pengabdian Masyarakat Mandiri (KPM-M). Pelaksanakan program tersebut dilaksanakan di TPA yang bertempat di Dusun Kepuhsari, Desa Kepuhrejo, Kecamatan Kudu, Kabupaten Jombang. (23/08/2020).

Program pendampingan kegiatan TPA/TPQ ini bertujuan untuk mencetak generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap Al-Qur’an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.


Kegiatan belajar Mengajar TPA/TPQ yang dilaksanakan setiap hari Selasa, Rabu, Kamis, Sabtu, dan Ahad pukul 16.00 WIB. Rangkaian pembelajaran yaitu pendampingan menyimak santri membaca Iqra’ sampai Al-Qur’an, hafalan do’a sehari-hari, hafalan surat-surat pendek, hafalan do;a- do’a sholat, praktik sholat, dan sholawat nabi bersama-sama. Pembelajaran hafalan  diharapkan mampu memperdalam daya ingat dan memperkaya ilmu tentang al – qur’an sehingga mereka mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajran sholawat bersama-sama bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta kepada Baginda Nabi Muhammad SAW sejak dini. Suasana saat melantunkan sholawat bersama begitu terasa hidup dikarenakan semua santri semakin bertambah semangat dan merasa senang melakukan nya. 

“Diajak melantunkan sholawat dan lagu-lagu islami anak-anak jadi tambah semangat”. ujar salah satu guru TPQ.


(Kontributor)

#KPMMandiriUnipdu2020

Pendampingan Pembelajaran Membaca Al-Quran

Diah Anggun Kurniawati_1117066_FAI_S1_Pendidikan Agama Islam.