SiMomed Hasil Inovasi Tim IT Unipdu Bersama Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Raih Penghargaan Gold Winner

SiMomed Hasil Inovasi Tim IT Unipdu Bersama Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Raih Penghargaan Gold Winner

Rabu, 22 April 2020

.

Kabar Nusantara - Tim IT Unipdu yang terdiri dari para dosen dan akademisi Program Studi Sistem Informasi Unipdu Jombang hingga saat ini dipercaya oleh berbagai kalangan, khususnya oleh instansi pemerintah, baik di level Pemerintah Kabupaten/Kota hingga Pemerintah Provinsi Jawa Timur. “Kerjasama kami dengan Pemprov Jawa Timur memang termasuk baru, kami 3 tahun terakhir ini turut berkontribusi mengembangkan beberapa aplikasi berbasis teknologi informasi yang dipakai OPD Pemprov Jawa Timur.” jelas Mohamad Ali Murtadho, Wakil Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Unipdu Jombang, sekaligus ketua Tim IT Unipdu
Tim IT Unipdu Bersama Humas dan Protokol Pemprov Jatim 
Dedikasi dan kerja keras Tim IT Unipdu akhirnya berbuah manis, salah satu aplikasi yang dibidani dan dikembangkannya sejak tahun 2017 mendapat penghargaan tingkat nasional. Aplikasi tersebut adalah Sistem Informasi Monitoring Media (Simomed) milik Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim yang baru-baru ini menerima penghargaan Gold Winner kategori Pemerintah Provinsi dalam ajang Public Relation Indonesia Award (PRIA) 2020 yang diumumkan melalui Youtube Live Streaming pada Senin (20/04) lalu di Jakarta.

“Kami mengembangkan aplikasi tersebut dalam dua versi, yaitu aplikasi berbasis desktop website dan aplikasi berbasis mobile android, semua kami dedikasikan untuk membantu efektivitas pelaksanaan monitoring media di Biro Humas Pemprov Jawa Timur, tentu juga agar masyarakat dapat mengakses keterbukaan informasi secara mudah.” ungkap Nufan Balafif, senior programmer Tim IT Unipdu yang juga tercatat sebagai dosen Prodi Sistem Informasi Unipdu Jombang.

Tim IT Unipdu Rapat Koordinasi Kehumasan Tahun 2018
Semangat untuk terus berinovasi dan bermanfaat bagi banyak kalangan ini nampaknya menjadi rahasi Tim IT Unipdu untuk terus produktif, hingga tahun 2020 ini tercatat tidak kurang dari 17 sistem yang dikerjasamakan pengembangannya baik dengan pemerintah kabupaten/kota maupun provinsi.

“Terakhir yang kami kembangkan bersama dengan Pemkab Jombang sendiri ada beberapa diantara aplikasi bidang pariwisata dan manajemen administrasi BUMD, sedangkan dengan Pemprov Jawa Timur yang sedang berjalan adalah sistem pengendali dokumen pengadaan barang/jasa, ini masih dalam proses, semoga semua berjalan sesuai harapan dan membawa manfaat untuk masyarakat luas” tandas Ivan Dwi Fibrian, Kepala Laboratorium Teknologi Informasi Unipdu Jombang selaku Project Manager Tim IT Unipdu.

Selaku Operational Manager Tim IT Unipdu, Chandra Sukma Anugerah, dosen Prodi Sistem Informasi Unipdu Jombang yang juga peraih penghargaan tingkat nasional bidang penelitian teknologi tepat guna Kementerian Riset dan Teknologi RI, mengajak semua kalangan untuk terus optimis. Sebab menurutnya, saat ini bukan saatnya untuk berpangku tangan dan pesimis terhadap keadaan, meskipun berada di kota kecil di zaman globalisasi ini kita dapat memberikan kontribusi besar melalui inovasi teknologi informasi.

“Unipdu Jombang boleh dipandang sebagai perguruan tinggi swasta di daerah, namun peran dan kontribusinya sangat besar bagi masyarakat global. Akreditasi B yang diraih Prodi Sistem Informasi dan berbagai penghargaan tingkat nasional yang diterima adalah bukti, siapa yang bersungguh-sungguh dapat meraih cita-citanya, man jadda wajada.” (Sumber) https://beritajombang.com