Iklan

,

Simbolis, Bupati Jombang Menerima Bantuan Anjungan Dukcapil Mandiri

Kabar Nusantara
Senin, 03 Februari 2020, 12.16 WIB Last Updated 2020-02-03T05:16:40Z


Kabar Nusantara - Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Prof. H. M. Tito Karnavian Ph.D., mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Timur atas inisiatifnya menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) sebagai inovasi dalam melakukan pelayanan administrasi kependudukan. Ini disampaikan Tito Karnavian, Mendagri RI pada Rapat Koordinasi Provinsi Jawa Timur Tahun 2020 dan Penyerahan Bantuan Anjungan Dukcapil Mandiri Provinsi Jawa Timur pada Program “Jatim Smart Province”, di Grand City Surabaya, Jawa Timur, Jumat (31/1/2020) pagi. Tito Karnavian hadir bersama dengan Menkopolhukam, Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P.
Secara simbolis bantuan diserahkan langsung kepada Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab. Pada kesempatan tersebut langsung didemonstrasikan cetak KK, KTP dan Akte kelahiran dari Dispendukcapil Jombang.

Tito Karnavian Mendagri mengapresiasi Jawa Timur.’’Kabupaten/ Kota di Jawa Timur ini luar biasa, dengan otoritasnya,  Jatim selalu mengambil inisiatif, kreatif, inovatif yang cepat. Apalagi dibantu Ibu Gubernur, Khofifah ( Indar Parawansa), yang memberikan subsidi kepada mereka," kata Tito. Mendagri juga mengapresiasi Khofifah, yang menjadi gubernur perintis dalam menggunakan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM), yang sistemnya dimiliki Dukcapil Kemendagri. "Saya sangat menghargai dan memberikan apresiasi tinggi kepada Ibu Khofifah, saya berharap Jatim sebagai perintis dan selanjutnya akan menyebar ke daerah lain," ujarnya. Mendagri menegaskan, ADM merupakan inovasi yang tidak memiliki kepentingan lain selain demi kepentingan dan kemudahan pelayanan untuk masyarakat.
"Ini bukan untuk kepentingan pemerintahnya, tapi untuk kepentingan rakyatnya. Pasti akan dihargai oleh rakyatnya, karena dipermudah semua, dan rakyat pun senang tidak dilempar ke sana kemari karena birokrasi," jelas Mendagri. ADM tak hanya digunakan untuk mencetak KTP elektronik saja. Sejumlah dokumen kependudukan lain, seperti akta kelahiran, akta kematian, dan Kartu Keluarga (KK), juga dapat diurus menggunakan ADM.


Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab, pagi itu hadir Bersama Sekdakab Jombang Jazuli, Ketua DPRD Jombang Masud Zuremi, sejumlah OPD dan didampingi Masduki Zakaria Kepala Dispendukcapil Jombang menyampaikan ucapan terima kasih atas Batuan Anjungan Dukcapil Mandiri kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur, juga Dukcapil Pusat.

 “Alhamdulillah, Kabupaten Jombang dinilai telah bekerja sesuai target. Blangko KTP yang  sudah diberikan oleh pemerintah pusat ke daerah  telah  ditindaklanjuti oleh Pemkab  Jombang, dalam hal ini Dispendukcapil. Cetak KTP dan KK juga sudah dilakukan di kecamatan sehingga target cetak setiap harinya yang telah ditentukan telah terpenuhi,  maka Jombang mendapatkan penghargaan bantuan mesin ADM, dan kita juga jemput bola mendekatkan pelayanan pada masyarakat  “, tutur Bupati Jombang, Hj. Mundjidah Wahab.

 Masduki Zakaria, Kepala Dispendukcapil Joombang  juga menambahkan bahwa program inovasi  Bupati Jombang yang juga  mendapat apresiasi adalah   program pelayanan kepada masyarakat yang belum dimiliki oleh kabupaten lain yaitu  percepatan dan pendekatan pelayanan  yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kabupaten  Jombang. Yang dimaksud cepat dan dekat dalam pelayanan Dispendukcapil  ini yaitu yang dulunya dipusatkan di Dispendukcapil  sekarang sudah  tersebar di 21 kecamatan, sehingga cepat selesai dan dekat dengan  domisili pemohon. Inilah yang juga mendapatkan penilaian tersendiri oleh pemerintah Provinsi Jawa Timur. “ Dua alasan ini yang membuat Kabupaten Jombang mendapatkan ADM”, pungkasnya.(Wati_Humpro)