![]() |
Tim Jamu Serindu sedang berkampanye serta berinteraksi dengan para pengunjung yang datang, Minggu (22/06/2025). Foto: Dokumentasi Penulis |
Kabar Nusantara - Semarang, 22 Juni 2025 - Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) sukses menggelar Kampanye Antar Kebudayaan yang meriah dan edukatif sebagai bagian dari Ujian Akhir Semester (UAS) mata kuliah Komunikasi Antar Budaya. Acara ini digelar pada Minggu (22/06/2025), mulai pukul 06.00 WIB hingga selesai, di kawasan Car Free Day (CFD) Jl. Taman Menteri Supeno, Semarang.
Kampanye ini hadir dengan konsep unik: “SERINDU:
Sekali Teguk Bikin Rindu”, yang bertujuan membangkitkan kerinduan akan cita
rasa asli jamu sebagai minuman tradisional Indonesia. "SERINDU"
bukan sekadar nama, tetapi sebuah ajakan untuk menyelami makna emosional di
balik setiap tegukan yang rindu akan rasa, kenangan, dan kehangatan masa
lalu yang tercipta dari hal sederhana seperti menikmati jamu bersama keluarga
atau sahabat.
Seperti yang diungkapkan Rahma, salah satu
pengunjung booth mengungkapkan bahwa "Enak rasanya, kunir asemnya manisnya pas banget!
Bikin kangen sama jamu buatan nenek dulu." Testimoni ini membuktikan
bahwa SERINDU berhasil menghadirkan nostalgia sekaligus cita rasa autentik yang
disukai berbagai kalangan.
Booth Jamu Serindu menjadi pusat perhatian dengan menawarkan minuman tradisional dalam kemasan modern, hingga produk ini ludes terjual berkat antusiasme pengunjung yang ingin merasakan pengalaman unik tersebut.
Menariknya, booth Jamu Serindu tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga menyuguhkan aktivitas seru berupa:
- Kuis dan challenge seputar jamu: Pengunjung diuji pengetahuannya tentang jenis-jenis jamu, manfaatnya, hingga bahan tradisional yang digunakan.
- Permainan tebak warna air jamu: Peserta diminta menebak warna air didalam botol berdasarkan warna air yang disajikan secara acak.
![]() |
Salah satu pengunjung turut meramaikan acara dengan mencoba bermain tebak warna yang sudah disediakan oleh tim. Foto: Dokumentasi Penulis |
Kedua permainan
tersebut menyediakan hadiah menarik, sekaligus menjadi sarana edukatif yang
menghibur, menambah daya tarik booth di tengah keramaian CFD.
Kampanye ini membuktikan bahwa mahasiswa/i jurusan Ilmu Komunikasi tidak hanya memahami teori saja, tetapi
juga mampu menerapkannya secara kreatif dan berdampak. Melalui kampanye SERINDU,
mereka berhasil menjembatani generasi muda dengan budaya lokal, sekaligus
menyumbangkan kontribusi berarti dalam perayaan Dies Natalis USM ke-38.
Jelajahi
keseruan acara dan ikuti update terbaru melalui media sosial Jamu Serindu:
·
Instagram: @serindujamu
·
YouTube: Jamu Serindu
·
TikTok: @jamuserindu03