Iklan

,

PENGARUH ONLINE MARKETING TERHADAP TOKO VELG MOBIL MELALUI APLIKASI TIKTOK DAN INSTAGRAM

Minggu, 22 Oktober 2023, 17.28 WIB Last Updated 2023-10-27T15:43:53Z

 


Kabar Nusantara - Seiring berkembangnya zaman, Dalam era digital saat ini, pemasaran online telah menjadi salah satu alat utama bagi bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas dan menjangkau audiens yang lebih luas. Dalam konteks ini yakni Toko Velg Mobil, di mana persaingan sangat ketat, penggunaan platform media sosial seperti TikTok dan Instagram telah menjadi strategi penting dalam mempromosikan produk dan mencapai konsumen potensial.


Promosi yang dilakukan oleh mayoritas toko velg adalah dengan membuat konten video cinematic produk velg, dan menggunakan lagu yang sedang viral/ramai, karena harus mengikuti tren yang ada pada saat-saat tertentu supaya promosi yang dilakukan berhasil dan ramai ditonton banyak penotnon.

 

Dibuatnya penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh online marketing melalui aplikasi TikTok dan Instagram terhadap toko velg mobil. Dengan dilakukannya online marketing melalui media social khususnya pada platform Tiktok dan

Instagram, tentunya memberikan dampak positif bagi pemilik bisnis yang melakukannya, yakni :


1. Jangkauan yang sangat Luas

Jangkauan pasar dalam online marketing sangat luas karena tidak terbatas oleh letak geografis. Dengan ini bisa menjangkau pasar yang sangat luas dengan memanfaatkan internet, seperti seluruh Indonesia bahkan jangkauannya bisa sampai ke pasar tingkat global/luar negeri. Sehingga hal ini sangat memungkinkan toko velg mobil ini bisa terkenal di platform media sosial khususnya tiktok dan instagram, dan orang-orang pastinya akan tertarik dan membeli produk tersebut.


2. Meningkatkan Angka Penjualan Produk

Dengan kita memiliki jangkauan pasar yang sangat luas, maka potensi untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan pun bisa semakin besar. Karena di era digitalisasi saat ini, online marketing terbilang sangat efektif dibandingkan promosi offline.


3. Menghemat Biaya Operasional

Hal ini merupakan salah satu benefit terbesar yang dirasakan pebisnis dari metode onlinemarketing/pemasaran online. Metode pemasaran konvensional seperti membuat brosur,  spanduk, iklan pada papan reklame, media cetak, maupun, televisi terhitung mahal jika dibandingkan dengan pemasaran melalui platform online layaknya Tiktok maupun Instagram.


4. Membangun relasi yang Baik dengan konsumen maupun pelanggan

Menciptakan hubungan yang baik dengan konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis khususnya dalam konteks pemasaran online. Maka dari itu, pebisnis mau tidak mau harus bisa memanfaatkan platform media social dengan baik dan efisien, supaya bisa menciptakan Interaksi yang baik dengan konsumen maupun pelanggan tetap sehingga kita sebagai pebisnis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen/pelanggan terhadap bisnis kita.


Kesimpulan

Dalam dunia yang semakin terkoneksi secara digital, Pemasaran online melalui platform media social seperti TikTok dan Instagram telah menciptakan peluang yang besar bagi bisnis seseorang untuk meningkatkan visibilitas mereka, terlibat dengan konsumen melalui interaksi, dan meningkatkan penjualan yang sangat signifikan. TikTok memungkinkan kita untuk berfokus pada konten singkat yang kreatif, sementara Instagram menyediakan platform visual yang kuat. Kedua platform ini memungkinkan kita untuk menjalin hubungan yang kuat dengan konsumen, menggugah minat para konsumen yang melihat video promosi kita, dan mempromosikan produk dan layanan kita.

Kontributor : ARIEL NATHA SANTOSO