Kabar Nusantara - Seiring berkembangnya zaman, Dalam era digital saat ini, pemasaran online telah menjadi salah satu alat utama bagi bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas dan menjangkau audiens yang lebih luas. Dalam konteks ini yakni Toko Velg Mobil, di mana persaingan sangat ketat, penggunaan platform media sosial seperti TikTok dan Instagram telah menjadi strategi penting dalam mempromosikan produk dan mencapai konsumen potensial.
Promosi yang dilakukan oleh mayoritas toko velg adalah dengan membuat konten video cinematic produk velg, dan menggunakan lagu yang sedang viral/ramai, karena harus mengikuti tren yang ada pada saat-saat tertentu supaya promosi yang dilakukan berhasil dan ramai ditonton banyak penotnon.
Dibuatnya penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh online marketing melalui aplikasi TikTok dan Instagram terhadap toko velg mobil. Dengan dilakukannya online marketing melalui media social khususnya pada platform Tiktok dan
Instagram, tentunya memberikan
dampak positif bagi pemilik bisnis yang melakukannya, yakni :
1. Jangkauan yang sangat Luas
Jangkauan pasar dalam online
marketing sangat luas karena tidak terbatas oleh letak geografis. Dengan ini
bisa menjangkau pasar yang sangat luas dengan memanfaatkan internet, seperti seluruh
Indonesia bahkan jangkauannya bisa sampai ke pasar tingkat global/luar negeri.
Sehingga hal ini sangat memungkinkan toko velg mobil ini bisa terkenal di
platform media sosial khususnya tiktok dan instagram, dan orang-orang pastinya
akan tertarik dan membeli produk tersebut.
2. Meningkatkan Angka
Penjualan Produk
Dengan kita memiliki jangkauan
pasar yang sangat luas, maka potensi untuk mendapatkan pelanggan dan keuntungan
pun bisa semakin besar. Karena di era digitalisasi saat ini, online marketing
terbilang sangat efektif dibandingkan promosi offline.
3. Menghemat Biaya Operasional
Hal ini merupakan salah satu
benefit terbesar yang dirasakan pebisnis dari metode onlinemarketing/pemasaran
online. Metode pemasaran konvensional seperti membuat brosur, spanduk, iklan pada papan reklame, media
cetak, maupun, televisi terhitung mahal jika dibandingkan dengan pemasaran
melalui platform online layaknya Tiktok maupun Instagram.
4. Membangun relasi yang Baik
dengan konsumen maupun pelanggan
Menciptakan hubungan yang baik
dengan konsumen merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis
khususnya dalam konteks pemasaran online. Maka dari itu, pebisnis mau tidak mau
harus bisa memanfaatkan platform media social dengan baik dan efisien, supaya bisa
menciptakan Interaksi yang baik dengan konsumen maupun pelanggan tetap sehingga
kita sebagai pebisnis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen/pelanggan
terhadap bisnis kita.
Kesimpulan
Dalam dunia yang semakin
terkoneksi secara digital, Pemasaran online melalui platform media social seperti
TikTok dan Instagram telah menciptakan peluang yang besar bagi bisnis seseorang
untuk meningkatkan visibilitas mereka, terlibat dengan konsumen melalui
interaksi, dan meningkatkan penjualan yang sangat signifikan. TikTok
memungkinkan kita untuk berfokus pada konten singkat yang kreatif, sementara
Instagram menyediakan platform visual yang kuat. Kedua platform ini memungkinkan
kita untuk menjalin hubungan yang kuat dengan konsumen, menggugah minat para konsumen
yang melihat video promosi kita, dan mempromosikan produk dan layanan kita.
Kontributor : ARIEL NATHA SANTOSO