Iklan

,

Mahasiswa KKN Bina Desa UPNVJT Olah Air Cucian Beras dan Urine Kelinci Menjadi Pupuk Organik Cair

Rabu, 27 September 2023, 11.59 WIB Last Updated 2023-09-27T05:01:02Z


Kabar Nusantara - 
Desa Galengdowo yang letaknya di kaki Gunung Arjuna memiliki potensi perkebunan yang unggul. Salah satunya adalah perkebunan salak sehingga sebagian besar penduduknya berprofesi sebagai petani. Selain dari sisi pertanian, Desa Galengdowo memiliki banyak peternakan yang maju. Salah satunya adalah ternak kelinci yang setiap harinya memperoleh urine kelinci yang banyak orang tidak tahu bagaimana cara mengolahnya.


Dari permasalahan tersebut Mahasiswa KKN Bina Desa Kelompok 1 Program Studi Teknik Kimia di Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur, diantaranya Alrista Rahmawati, Gloria, Sofwan, Kautsar, Nabilla, Rachma dan Arsyi dengan Dosen Pembimbing Lapangan yaitu Ir. Mu'tasim Billah, M.S. memanfaatkan bahan limbah sekitar yaitu urine kelinci dan juga limbah rumah tangga berupa air bekas cucian beras menjadi Pupuk Organik Cair untuk menambah nutrisi tanaman salak pada hari Selasa, 26 September 2023. 


Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara kelompok 1 KKN Bina Desa Teknik Kimia UPNVJT dengan para petani yang ada di Desa Galengdowo.


“Desa Galengdowo merupakan salah satu desa dengan komoditas pertanian yang baik. Hanya saja penggunaan pupuk kimia masih menjadi pilihan karena siap pakai untuk tanaman mereka. Maka dari itu program kerja KKN Bina Desa ini sangat bermanfaat sekali” Ujar Pak Tarno selaku Sekretaris Desa saat Acara Sosialisasi (26/09/2023)

 

Pada kesempatan yang sama Alrista Rahmawati selaku Pemandu Acara Sosialisasi KKN Bina Desa Teknik Kimia menyatakan bahwa Pupuk Organik Cair merupakan hasil dari fermentasi bahan organik berupa limbah urine kelinci dan air leri yang dibantu oleh Mikroba EM-4.

Untuk itu, perlunya pemahaman dan sosialisasi pada masyarakat mengenai penggunaan pupuk organik cair yang jelas mudah didapatkan bahan bakunya serta dapat memanfaatkan limbah-limbah sekitar menjadi produk yang bermanfaat seperti Pupuk Organik Cair yang dibuat dari bahan baku urine kelinci dan air leri (bekas cucian beras).

 

Author : Kautsar (Teknik Kimia UPN Veteran Jatim)