LP3M Unipdu Bekerjasama Dengan Litbang Bappeda Jombang Gelar Sosialisasi dan Fasilitasi Hak Cipta -->

LP3M Unipdu Bekerjasama Dengan Litbang Bappeda Jombang Gelar Sosialisasi dan Fasilitasi Hak Cipta

Minggu, 31 Maret 2019


Kabar Nusantara – Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang Melalui LP3M bekerjasama dengan Litbang Bappeda Jombang menggelar Sosialisasi dan Fasilitasi  Hak Cipta Dalam Rangka Pengembangan Ekonomi Kreatif Kabupaten Jombang yang bertempat di Meting Room 1  Kampus Utama Unipdu Jombang Ahad  ( 31/03/2019). Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh  Pelaku Ekonomi Kreatif, Forum LPPM Kabupaten Jombang, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Dinas Koperasi, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Bagian Perekonomian Setda Jombang, Bidang Ekonomi Bappeda Jombang, Dosen dan Mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang.

M Yahya Ashari Ketua LP3M unipdu dalam sambutanya mengemukakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing bagi pelaku Ekonomi Kreatif serta dapat meningkatkan akreditasi kampus melalui HKI, Sementara itu Isawan Nanang Kepala Bidang Litbang Bappeda Jombang unipdu dalam sambutanya mengemukakan bahwa saat ini HKI sangat diperlukan dalam era Industri 4.0 agar pelaku ekonomi kreatif  di kapupaten jombang bisa mendapat perlindungan hukum. Dalam kegiatan tersebut menghadirkan narasumber Muhammad Alfian Mizar Kepala Pusat HKI dan Inkubasi Bisnis Universitas Negri Malang yang telah memperoleh 5 Jenis Paten diantaranya Kapal Cepat Penebar Pakan Ikan. Acara tersebut di moderatori oleh Chandra Sukma Anugrah (Penemu Sistem Pengaman Motor Berbasis Android) “Manfaat kegiatan ini sangat banyak, salah satunya untuk branding dari produk bapak ibu semuanya. Kami telah menghadirkan para pakar yang kompeten untuk mengu­pas hingga tuntas mengenai HKI sampai dengan proses pendaftarannya,” katanya.

Muhammad Alfian Mizar menjelaskan secara detail langkah-langkah pengurusan Hak Cipta dan apa saja dokumen yang harus di siapkan. Sosialisasi tersebut diakhiri dengan kata – kata penutup “ If Not You,Who?, if Not Now, When? “  dan Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Harus Siap Membentuk Central HKI yang siap fasilitasi Dosen, Mahasiswa maupun belaku Industri Kreatif di Kabupaten Jombang (Widodo S).