Unipdu Jombang Bantu Desa Brudu Membuat Biogas Dengan Limbah Tahu -->

Unipdu Jombang Bantu Desa Brudu Membuat Biogas Dengan Limbah Tahu

Jumat, 11 Januari 2019

Kabar Nusantara -  untuk menciptakan sebuah kawasan yang ramah lingkungan terus bermunculan di tengah masyarakat. Dengan menghadirkan konsep sumber energi mandiri Desa Brudu Kecamatan Sumobito Jombang Mengagas Teknologi Biogas dari limbah tahu. Melalui Program Inovasi Desa Pemerintah Kabupaten Jombang Bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  Universitas Pesantren Tinggi Darul’ulum untuk memberikan pelatihan pembuatan biogas dari limbah tahu. Kegiatan ini dilaksanakan di balai Desa Brudu dengan menghadirkan para pengusaha tahu. Yahya Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat  (LPPM) Unipdu mengemukakan dalam sambutanya bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan sinau bareng (belajar bersama) untuk mengatasi limbah agar bisa menjadi berkah. 
Syamsi Kepala Desa Brudu berharap dengan diadakanya kegiatan ini akan mampu menyelesaikan permasalahan limbah tahu. Kegiatan ini mendapat sambutan baik oleh Kulo Sudiro Camat Sumobito yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan “Pembuatan Biogas ini harus di tampingi tenaga ahli dari kampus sehingga mampu mensinergikan kalangan akademisi dan kalangan pembisnis ”
Kegiatan tersebut di bagi dalam dua sesi dan dua narasumber sesi pertama menjelaskan dampak limbah tahu dan konsep pembuatan biogas dan sesi kedua menjelaskan teknis pembuatan biogas dan instalasi beserta alternatif pemanfaatanya. Ali Murtadho selaku narasumber sesi pertama menjelaskan secara detail dampak yang di hasilkan dari limbah tahu dan arsitektur pembuatan biogas secara sederhana agar mudah di pahami masyarakat desa selain membuat biogas alternatif lain pemanfaatan limbah tahu bisa di buat nata de soya.
Sementara itu Chandra Sukma Anugrah sebagai narasumber sesi kedua menjelaskan secara detail Instalasi Biogas yang bisa di terapkan bagi pengusaha tahu di Desa Brudu beserta pemanfaatanya. Teknologi yang terbaru adalah pengisian Biogas dalam Tabung LPG sehingga produk Biogas bisa di salurkan ke seluruh masyarakat. “Agar proses pembuatan biogas ini berhasil maka proses fermentasi harus sempurna agar bisa menghasilkan gas yang memiliki tekanan yang kuat” ucapnya
Bambang Penguasaha Tahu Desa Brudu Pemilik PT Alam Semi sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan meminta agar Tim LPPM Unipdu Meninjau Lokasi Pabrik Tahu Miliknya agar bisa di dampingi untuk menerapkan Biogas dari limbah tahu miliknya. (Wodoso S)