Pramugari VietJet Batal Pakai Seragam Bikini -->

Pramugari VietJet Batal Pakai Seragam Bikini

Kamis, 24 Januari 2019

Kabar Nusantara - Maskapai pernerbangan
asal Vietnam, VietJet Air yang akan mulai membuka rute baru ke Indonesia Maret 2019, sempat menimbulkan kontroversi. Pasalnya, maskapai ini identik dengan pramugarinya yang menggunakan bikini di beberapa rute penerbangan. Busana tersebut dianggap bertentangan dengan budaya Indonesia yang sebagian besar masyarakatnya beragama Islam.Menganggapi kontroversi tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan, pramugari Vietjet Air tidak akan mengenakan bikini saat bertugas. Ia telah memberikan sejumlah persyaratan agar segala operasional maskapai menyesuaikan dengan budaya Indonesia. "Saya syaratin untuk tidak (pakai bikini) ya. Enggak patutlah di Indonesia," ucap Budi di kantornya, Jakarta. Senada dengan Menhub, pihak Vietjet Air mengatakan pramugarinya akan menggunakan busana yang sesuai dengan budaya di Indonesia.
"Terkait dengan banyaknya sorotan media mengenai pakaian bikini VietJet, kami ingin menegaskan kembali bahwa seragam VietJet sejalan dengan rasa hormat dan kesopanan yang tinggi. Khususnya bagi pasar Muslim seperti Indonesia dan Malaysia," tulis Nguyen dalam suratnya.
Selain menyesuaikan busana pramugarinya, maskapai berbiaya murah tersebut juga akan menyajikan hidangan halal di dalam penerbangan untuk menghormati warga Indonesia yang mayoritas beragama Islam.
Maskapai VietJet kan beroperasi pada bulan Maret 2019 dengan rute Ho Chi Minh-Denpasar kemudian dilanjutkan dengan rute Ho Chi Minh-Jakarta pada akhir tahun 2019.