Iklan

,

Membangun Citra dan Loyalitas Merek Dalam Pemasaran

Kabar Nusantara
Senin, 23 Desember 2024, 21.30 WIB Last Updated 2024-12-23T15:46:57Z

Disusun Oleh : Raudhatul Madina

Kabar Nusantara - Baik perusahaan besar maupun kecil biasanya mengalokasikan anggaran yang cukup besar untuk kegiatan promosi guna mempertahankan produk dan memperkuat merek mereka. Selain itu, untuk meningkatkan penjualan, perusahaan sering kali melakukan berbagai promosi melalui iklan dan berbagai saluran komunikasi pemasaran lainnya. Pemasaran penting untuk dipahami lebih dalam sebagai sebuah proses sosial dan manajerial di mana individu dan kelompok dapat memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka melalui penciptaan dan pertukaran timbal balik produk dan nilai dengan pihak lain. Peran pemasaran dengan meningkatkan citra bisnis yang kuat dan loyalitas merek merupakan langkah penting keberhasilan dalam bisnis. Hasil wawancara dengan karyawan pisang HJ. Kadap ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemasaran penjualan pisang dalam mengembangkan kualitas, meningkatkan kepercayaan serta loyalitas produk nya.


Seberapa penting meningkatkan citra merek dalam pemasaran? Membangun citra merek sangat penting karena ini dapat mempengaruhi pandangan konsumen terhadap suatu merek dan loyalitas produk, tetapi juga bisa dilihat bagaimana mereka melayani konsumen, dimana jika citra merek yang bagus akan menciptakan hubungan yang baik pula antara merek dan konsumen.


Loyalitas dapat dibangun melalui kepercayaan, kepercayaan suatu merek bisa berpengaruh pada niat pembelian terhadap produk kita. Kepercayaan pada suatu merek bisa dimulai dari cara pelayanan nya, bagaimana produk tersebut dapat meyakini untuk membangun hubungan antara produk dan juga konsumen. Dari wawancara karyawan pisang HJ. Kadap dimana jika ada complain mereka langsung merespon dan mengikuti masukan dari konsumen dan mengembangkan pelayanan ataupun produk mereka agar sesuai dengan keinginan konsumen. Cara mereka promosi dan menjualkan produk mereka melalui media sosial yang memudahkan konsumen, apalagi jika ingin complain produk mereka.


Lalu kualitas produk dari pisang HJ. Kadap dari hasil wawancara memiliki keunikan dari bentuk nya yang berbeda dari penjualan pisang yang lain pisang HJ.  Kadap sendiri berbentuk bulat serta pengemasan produk, dimana porsi nya yang mereka punya ada 2, kotak kecil dan kotak besar. Dengan adanya pembedaan porsi ini memudahkan konsumen yang jika ingin dimakan sendiri bisa membeli kotak kecil ataupun jika ingin dimakan bersama bisa membeli kotak besar.


Dalam meningkatkan citra dan loyalitas merek memerlukan suatu strategi. Strategi dalam meningkatkan citra dan loyalitas ada banyak, namun  ada beberapa strategi yang sangat penting yaitu pelayanan pelanggan, Pelayanan pelanggan bukan hanya fungsi pendukung,itu adalah alat pembangunan merek. Dagangan atau sebuah bisnis yang memprioritaskan pelayanan pelanggan yang luar biasa dapat membangun kepercayaan, menunjukkan nilai-nilai mereka, dan menciptakan citra merek yang positif. Di era digital saat ini, di mana pengalaman pelanggan dibagikan luas melalui ulasan dan media sosial, pelayanan pelanggan yang luar biasa adalah alat yang kuat untuk membedakan merek dan memastikan kesuksesannya jangka panjang. Dengan fokus pada pelayanan pelanggan, perusahaan dapat membentuk citra mereknya secara positif dan merawat loyalitas pelanggan.


Di zaman sekarang, di mana ulasan pelanggan dan media sosial sangat memengaruhi persepsi orang terhadap suatu merek, pelayanan pelanggan yang baik menjadi sangat penting. Pengalaman pelanggan yang positif akan dibagikan secara luas, memperkuat reputasi merek. Sebaliknya, pengalaman buruk bisa menyebar dengan cepat dan merusak citra perusahaan.Pelayanan pelanggan yang baik tidak hanya soal menyelesaikan masalah, tapi juga tentang bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan cepat, ramah, dan peduli. Hal ini akan menunjukkan bahwa perusahaan benar-benar memperhatikan kebutuhan dan kepuasan pelanggan.Dengan fokus pada pelayanan pelanggan, perusahaan bisa membangun citra merek yang positif dan meningkatkan loyalitas pelanggan. Pelanggan yang puas cenderung akan merekomendasikan perusahaan kepada orang lain, yang bisa membantu mendatangkan lebih banyak pelanggan. Ini menjadi salah satu cara terbaik bagi perusahaan untuk membedakan diri di pasar yang kompetitif dan meraih kesuksesan jangka panjang.