Iklan

,

Mendag Beri Motivasi UMKM untuk Manfaatkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

Senin, 03 Juni 2024, 14.53 WIB Last Updated 2024-06-02T19:56:32Z


Kabar Nusantara
- Menteri Perdagangan (Mendag) Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, memberikan motivasi kepada para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk memanfaatkan momentum pertumbuhan ekonomi Indonesia dengan terus berkembang. 


Hal itu ia sampaikan saat membuka Rapat Koordinasi Nasional Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) di Bandung, Jawa Barat pada Sabtu (1/6/2024).


"Kita bersyukur tahun ini perkembangan ekonomi Indonesia lebih bagus dari tahun kemarin. Ini momentum UMKM untuk lebih baik, lebih maju, lebih berkembang lagi karena tahun ini lebih mudah dibanding tahun lalu," ujar Zulkifli Hasan dikutip dari siaran pers Kementerian Perdagangan (Kemendag), Sabtu (1/6/2024). 


Selama 2023, ekonomi Indonesia mengalami pertumbuhan sebesar 5,05 persen. Selain itu, inflasi juga terjaga di kisaran 2,61 persen. Di sisi lain, neraca perdagangan Indonesia mengalami surplus sebesar USD 36,91 miliar dan mengalami tren surplus perdagangan selama 48 bulan berturut-turut, dari bulan Mei 2020 sampai dengan April 2024. 


Mendag Zulkifli Hasan juga mengajak pelaku UMKM terus berkembang dengan meningkatkan kapasitas untuk menghadapi tantangan ekonomi ke depan.


"Kalau ingin maju, kita harus berubah, mesti dilatih, dibiasakan. Melalui HPN kita belajar, mulai praktik, sehingga dalam beberapa tahun ke depan mental kewirausahaan berkembang. Kita jangan mau ketinggalan," ujarnya.


Sumber