Iklan

,

Kawasan Kota Tua Masih Jadi Favorit Pengunjung saat Libur Lebaran

Kabar Nusantara
Minggu, 14 April 2024, 21.39 WIB Last Updated 2024-04-14T14:39:19Z


Kabar Nusantara - Kawasan Kota Tua masih menjadi tempat favorit bagi warga Jakarta dan para pendatang dari luar kota yang sedang berlibur lebaran ke Jakarta pada Minggu (14/4/2024).


Hal itu tampaknya tidak terlepas dari Kota Tua sebagai tempat wisata yang ramah di kantong, dan mudahnya aksesbilitas dari destinasi cagar budaya kebanggaan warga DKI Jakarta itu.


Di destinasi itu pun, wisatawan tak perlu repot membawa perbekalan makan dan minuman, karena semua tersedia. Selain tempatnya yang bersih dan aman, harganya pun masih ramah di kantong.


Rustam Atmodjo (55 thn), warga Kota Semarang, Jawa Tengah, mengaku mengunjungi kawasan kota tua di Jakarta karena selain terkesan akan nilai sejarahnya juga biayanya sangat murah juga aksesnya mudah, karena ada ada Busway dan KRL.


“Saya baru tiba semalam di Jakarta, ngantar anak kembali ke Jakarta. Karena saya senang liat bangunan kota tua atau kota lama seperti di Semarang, makanya saya sempatkan dating ke sini. Mumpung lagi di Jakarta,” ungkap Rustam yang datang bersama dua orang saudaranya.


Hal senada juga disampaikan oleh Fitri (24 thn), warga dari Cibubur. Bersama rekannya, Fitri mengaku semenjak pandemi belum lagi berwisata ke kawasan Kota Tua Jakarta. Ia pun mengatakan, berwisata saat lebaran ke Kota Tua sangat murah menggunakan commuterline.


“Dari rumah tadi sih transportasi online turun di Stasiun Universitas UI, Depok. Cuma dua kali naik transportasi dan biayanya hanya Rp30 ribu sekali berangkat turun di Stasiun Jakarta Kota terus tinggal jalan sampai sini di museum sejarah,” terangnya.


Sementara itu dari posko liburan atau pos jaga kawasan Kota Tua, Minggu (14/4/2024) didapat informasi, bahwa kawasannya Kota Tua sudah buka untuk sehari usai Lebaran 2024, lima museum terdekat; museum sejarah, museum wayang, museum keramik, museum Bank Indonesia, dan museum Bank Mandiri pun sudah dibuka pada hari yang sama.


Para wisatawan pun diharapkan untuk memantau agenda kegiatan kawasan kota tua melalui akun instagram @kotatua.jkt agar mendapat informasi ter-update dari pihak Unit Pengelola Kawasan (UPK).


Jika wisatawan ingin bertanya langsung pun bisa mendatangi pos jaga di sejumlah titik di kawasan taman Fatahilah, atau silahkan mengunjungi pos Tourism Information Center (TIC) yang berada di depan Café Batavia.


Jika Minggu (14/4/2024) wisatawan cukup banyak waktu, ada sejumlah kegiatan yang akan berlangsung di antaranya, free walking tour, nanti sore pukul 15.00 WIB ada kegiatan Nostalgia di Tembok Batavia.


Kemudian, pada pukul 15.30 WIB hingga 18.00 WIB terdapat pertunjukan Gambus Esbeye, di Jembatan Budaya. Sub Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Jakarta Barat pun menggelar kegiatan di Plaza Taman Fatahilah, dari pukul 15.30 WIB hingga 18.00 WIB.


Ada juga kegiatan, Lebaran bersama ARUNG Nonton Bareng Film Budaya Betawi di BISEUM, lokasinya di Bioskop Museum Bahari, dari tanggal 11 sampai 15 April 2024. Tak lupa juga, ada pertunjukan musik reguler di Jembatan Kota Intan, di kawasan Kali Besar setiap sorenya.

Sumber