Iklan

,

Di Bincang ASN Harmoni, Pj. Ketua TP PKK Jatim Isye Ajak Para Orang Tua Luangkan Waktu Bermain Dengan Anak

Selasa, 05 Maret 2024, 07.00 WIB Last Updated 2024-03-06T09:32:01Z

 

Kabar Nusantara - SURABAYA, 5 MARET 2024 Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Timur Isye Sri Rahayu Adhy Karyono mengajak para orang tua meluangkan waktu untuk bermain dengan anak sesibuk apapun pekerjaan mereka. 


Ajakan tersebut disampaikannya saat menjadi narasumber Podcast Live Streaming Youtube BPSDM Jatim "Bincang ASN Harmoni" di Kantor BPSDM Provinsi Jawa Timur, Jalan Balongsari Tama Surabaya, Senin (4/3). 


"Jadi kepada para orang tua itu walaupun bekerja, usahakan saat pulang langsung ajak anak berinteraksi. Ajak mereka bermain, mengobrol, dan kalau bisa dipinggirkan dulu HPnya," katanya. 


Isye menyebut, waktu yang dihabiskan bersama anak akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Terutama pada masa pertumbuhan usia keemasan (golden age) pada 0 hingga 5 tahun. 


"Ada waktu yang tidak akan terlupakan. Memori yang akan selalu dibawa si anak. Maka kita harus terus tumbuh membersamai mereka," katanya. 


Untuk para ibu, terang Isye, salah satu waktu yang dapat dipergunakan adalah saat memberikan ASI bagi si buah hati. Sebab selain nutrisi, ASI akan memperkuat hubungan antara ibu dan anak. 


"Kalau sekarang memang ada alat pompa ASI. Tapi dulu saat anak-anak saya masih kecil, Alhamdulillah tempat kerja saya masih satu komplek. Jadi setiap waktunya tiba, bisa kembali ke rumah untuk memberikan ASI," katanya. 


Isye juga mengatakan, dirinya merasa senang telah ada fasilitas seperti Rumah Tumbuh Kembang Anak "Pelangi Hati" serta tempat penitipan sekaligus taman bermain anak di BPSDM Jatim. 


Pasalnya, para ASN maupun peserta pelatihan dapat lebih banyak menghabiskan waktu dengan anak-anak. Sembari terus bekerja, mereka dapat memantau pertumbuhan buah hati lebih dekat.