Iklan

,

Pemkab Nganjuk Sabet Predikat Sangat Baik dalam Penerapan SPBE Tahun 2023

Senin, 15 Januari 2024, 10.34 WIB Last Updated 2024-01-15T03:34:38Z

 

Kabar Nusantara - Nganjuk, InfoPublik- Kampung Digitak Anjuk Ladang mendapat apresiasi dari Eko Sutrisno selaku Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Pemkab Nganjuk. Kampung Digital Anjuk Ladang, menjadi porgram prioritas daerah RPD Kabupaten Nganjuk tahun 2024-2026.


Menjadi program andalan Pemkab Nganjuk, Kampung Digital Anjuk Ladang diharapkan mampu menggerakkan desa/kelurahan dalam memberikan pelayanan publik yang prima melalui sarana prasana teknologi, informasi, dan komunikasi yang ada.


Demikian disampaikan, Eko Sutrisno saat menjadi pembina Apel Pagi di Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Nganjuk, Senin (15/1/2024) pagi. Eko menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Slamet Basuki, Kepala Diskominfo, selaku juga Ketua Tim Pelaksana Kampung Digital Anjuk Ladang.


“Alhamdulillah kami dari pemerintah daerah Kabupaten Nganjuk menyampaikan apresiasi kepada Pak Slambas, kepada Dinas Kominfo, yang telah mengawal dan membantu penyelenggaraan pemerintahan berbasis elektronik pada perangkat daerah di Kabupaten Nganjuk,” ucap Eko Sutrisno.


Mantan Camat Tanjunganom itu menyebut, penyelenggaran pemerintahan berbasis elektronik melalui penyediaan layanan publik dalam bentuk aplikasi maupun website dalam rangka memudahkan perangkat daerah dalam memberikan layanan kepada masyarakat, aku Eko. Ini membuahkan hasil.


“Dan alhamdulillah, ini dibuktikan dengan indeks SPBE kita tahun ini mengalami kenaikan. Indeks SPBE Kabupaten Nganjuk tahun 2023 mengalami kenaikan yang sangat pesat, sebesar 3,62 dengan nilai kategori sangat baik,” beber Eko, sembari menyebut naik dari tahun sebelumnya, tahun 2021 nilai 2,14 (cukup), dan tahun 2022, dengan nilai 2,18 (kategori cukup).


Nilai tersebut mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan 2022 dan 2021, ungkap Eko, juga masih terdapat beberapa tantangan yang perlu dihadapi, antara lain bagaimana pengembangan digitalisasi pelayanan publik dan layanan pemerintah terutama di Kabupaten Nganjuk, dalam program Nganjuk Samart City.


“Dari hasil evaluasi implementasi Kota Cerdas (Nganjuk Smart City) penilaian Kemenkominfo tahap II tahun 2023, Kabupaten Nganjuk berhasil menempati ranking ke empat tingkat Nasional. Ini menjadi semangat kita bersama untuk terus mengembangkan layanan SPBE. Semoga dengan semangat sinergitas, dan kolaborasi antar perangkat daerah, akan membawa Kabupaten Nganjuk semakin lebih baik lagi,” pungkasnya. (MC KAB NGANJUK/ZK)

Sumber