Iklan

,

Pengukuhan Gelar Profesor Universitas Diponegoro Kepada Bambang Susantono

Kabar Nusantara
Senin, 11 Desember 2023, 16.16 WIB Last Updated 2023-12-11T09:19:50Z


Kabar NusantaraUniversitas Diponegoro (UNDIP) Semarang  mengukuhkan Profesor Kehormatan (Honoris Causa) Bidang Keahlian Kota Layak Huni dan Berkelanjutan (Livable and Sustainable) kepada Bambang Susantono. Bambang Susantono adalah  kepala otorita Ibu Kota Nusantara.

Pengukuhan gelar Profesor HC dilaksanakan pada Sabtu  (9/12/2023) di Gedung Prof. Soedarto, SH, UNDIP. Menurut Bambang Susantono dalam pidatonya menekankan bahwa masa depan Asia adalah perkotaan.dia meyakini konsep livability atau kota layak huni menjadi strategi yang tepat bagi pengembangan kota di Asia.


Dalam pidato orasi pengukuhannya berjudul Kota Masa Depan di Indonesia dan Asia: Membangun Kota Layak Huni dan Berkelanjutan (Future Cities in Indonesia and Asia: Developing Livable and Sustainable Cities).  Menurut Bambang Susantono bahwa masa depan Asia adalah perkotaan. Kota yang berada di asia sangat berkembang  pesat dikarenakan dorongan peluang ekonomi dan sosial. Dalam perkembangan yang pesat tersebut akan menimbulkan tantangan dan permasalahan yaitu  peningkatan kesenjangan ekonomi, berkurangnya kohesi sosial, dan degradasi lingkungan serta meningkatnya risiko bencana.


Menurut Bambang, diperlukan penerapan kebijakan secara konsisten agar supaya tercapai mobilitas yang lebih aman, ramah lingkungan dan dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat.


Ia juga menawarkan pendekatan "5D" dalam membangun kota masa depan yang layak huni.

  1. desain spasial perlu ditinjau ulang agar lebih terdesentralisasi dan lebih mampu mengatasi berbagai guncangan seperti ekonomi dan finansial.
  2. Saat pandemi COVID-19 melihatkan kepadatan atau density dapat memberikan kerugian sekaligus keuntungan.
  3. Menurut Bambang Susantono keragaman (Diversity) menyadarkan pentingnya kemudahan akses ke layanan dasar bagi seluruh warga tanpa terkecuali,
  4. Ia menjelaskan kehidupan digitalisasi membuka peluang yang sangat besar bagi usaha mikro dan kecil, mendorong otomasisasi yang humanis dan memberikan  metode khusus untuk masyarakat dalam mengonsumsi barang dan jasa.
  5. Menegaskan bahwa rendah karbon (Decarbonization) merupakan konsep kota  kelayakan huni dengan  landasan yang tepat bagi pengembangan kota di Asia.

Konsep ini menempatkan masyarakat dan kesejahteraan masyarakat di pusat pembangunan perkotaan dan pengambilan keputusan. Untuk menelaah ulang aspek-aspek livability sebuah kota, maka Pendekatan 5D dapat dimanfaatkan dan dikembangkan untuk mencapi solusi dalam memperkuat kota yang layak huni, ujar Bambang.

Rektor Undip menjelaskan pengukuhan gelar profesor kehormatan layak diberikan karena kontribusi beliau pada perkembangan kota layak huni dan berkelanjutan yang nyaman dan ramah lingkungan. Ujar Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum

Prof Yos Johan Utama  menilai Bambang Susantono berkontribusi dalam bidang keahlian kota layak huni dan berkelanjutan.  Yakni menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, berketahanan, dan berkelanjutan,

Pengukuhan gelar Profesor  Kehormatan Universitas Diponegoro  kepada Bambang Susantono