Iklan

,

Resmi, KPU Menetapkan Paslon Capres dan Cawapres 2024

Senin, 13 November 2023, 20.50 WIB Last Updated 2023-11-13T13:51:11Z

 


Kabar Nusantara - 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengadakan konferensi pers dalam rangka menetapkan paslon capres dan cawapres pada Senin (13/11/2023) di Media Center KPU RI. Konferensi pers dihadiri oleh anggota KPU secara lengkap beserta Ketua KPU yaitu Hasyim Asy’ari. KPU memberikan keterangan secara resmi dalam konferensi pers tersebut terkait penetapan paslon capres dan cawapres 2024.


Sebelumnya, KPU usai melaksanakan rapat pleno tertutup dalam rangka penetapan paslon capres dan cawapres sebagai peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta Pusat. “sebagaimana ditentukan oleh undang-undang pemilu no.7 2017 bahwa penetapan rapat pleno untuk penetapan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden sebagai peserta pemilu itu dilaksanakan dalam sidang pleno KPU secara tertutup yang telah kami laksanakan” ujar Hasyim Asy’ari (Ketua KPU).


KPU menjelaskan beberapa tahapan mulai dari proses pendaftaran, pemeriksaan kesehatan, hasil verifikasi hingga penetapan paslon capres dan cawapres 2024.


“KPU menyatakan bahwa paslon capres dan cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar yang diusulkan oleh partai politik yaitu partai Nasdem, PKB, PKS, telah dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan sebagai paslon capres dan cawapres untuk pemilu serentak 2024” ucap Idham Khalik (anggota KPU).


“untuk paslon capres dan cawapres Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang diusulkan oleh partai politik yaitu PDI Perjuangan, PPP, Perindo, Hanura telah dinyatakan memenuhi syarat untuk pemilu serentak 2024” ucapnya


“selanjutnya, untuk paslon capres dan cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka yang diusulkan oleh partai politik yaitu Gerindra, Golkar, PAN, PSI, PBB, Demokrat dan Garuda telah dinyatakan memenuhi syarat untuk pemilu serentak 2024” tambahnya Idham Khalik


KPU juga menyampaikan persentase dari setiap paslon capres dan cawapres tersebut:


Paslon Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar memiliki total 167 Kursi DPR atau sebanyak 29,4 persen, Paslon Ganjar Pranowo dan Mahfud MD memiliki total suara sebanyak 28,6 persen, Sementara itu, Paslon Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka memiliki total suara sebanyak 42, 67 persen.


 sumber : YouTube KPU RI