Iklan

,

Tingkatkan Transaksi Ritel, Pertamina Hadirkan Puluhan UMKM di Inacraft

Senin, 02 Oktober 2023, 08.38 WIB Last Updated 2023-10-02T01:38:42Z


 Kabar Nusantara - 
PT Pertamina (Persero) akan menghadirkan 20 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) binaan pada gelaran Jakarta International Handicraft Trade Fair (Inacraft) 2023 di Jakarta pada 4-8 Oktober 2023.

Hal tersebut disampaikan VP CSR dan SMEPP Management Pertamina, Fajriyah Usman, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (1/10/2023).

 Menurut Fajriyah,  UMKM yang ikut serta telah melewati kurasi sejak awal September 2023.

UMKM tersebut merupakan binaan program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) serta di bawah naungan Rumah BUMN Pertamina serta PF Preneur.

"Sejumlah produk kerajinan dan fesyen mitra binaan Pertamina tersebut mulai dari produk kain songket, jumputan, tenun, sasirangan, serta batik," kata Fajriyah.

Produk wastra unggulan tersebut akan dibawa oleh perajin songket Ilham Bahari, Jumputan Pelangi, Kantan Sasirangan, Griya Kain Solo, Batik Gunawan Design, Batik Sumber Arafat, dan Kainnesia.

Koleksi busana muslim akan diusung Meeta Fauzan dan Almira, serta busana dengan kain printing bercerita karya Haluan Bali.

Lalu, produk aksesoris akan diramaikan Mutiara Gitbay, Puri Bali Silver, Kraton Leather, Adhimas Handycraft, Faiza Bordir, sepatu tenun Sikilib, tas dan produk kerajinan berbahan goni dari N21 Handmade, aneka produk perabotan kayu dari Akar Dewa Jati, dan juga produk kesehatan tradisional seperti VCO dari Bali Pure.

Menurut Fajriyah, mulai bergeliatnya kegiatan pameran secara luring atau offline, serta hadirnya produk-produk yang terseleksi, akan menjadi daya tarik di booth mitra binaan Pertamina, sehingga akan meningkatkan transaksi ritel dan grup pembeli dari dalam dan luar negeri.



Fajriyaj mengharapkan, proyeksi transaksi Inacraft kali ini tidak berbeda jauh dari ajang serupa pada Maret 2023, dengan UMKM binaan Pertamina mencatatkan transaksi Rp2,4 miliar.

Fajriyah mengungkapkan, kehadiran UMKM binaan Pertamina di Inacraft juga akan diramaikan dengan booth eksklusif merchandise Moto GP.

"Sejalan dengan tema program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) perusahaan yakni 'Energizing Community Sustainability', Pertamina berharap kegiatan pembinaan UMKM binaan melalui pameran nasional ini, tidak sekadar meningkatkan penjualan pada saat pameran, namun sekaligus menjadi peluang untuk mendapatkan buyer potensial di industri kreatif, pariwisata, sebagai wujud keberlanjutan pembinaan ekonomi para mitra UMKM," katanya.