Iklan

,

Remaja Asal Banyumas, Sarah Amalia Fitriana, Wakili Jawa Tengah dalam Ajang Duta Maritim Indonesia 2023, ASPEKSINDO

Kabar Nusantara
Rabu, 09 Agustus 2023, 13.16 WIB Last Updated 2023-08-09T06:16:20Z



Kabar Nusantara - Sarah Amalia Fitriana remaja asal Kabupaten Banyumas, remaja berusia 17 tahun yang akrab di sapa Sarah ini berhasil mengukir prestasi dengan lolos sebagai salah satu finalis Duta Maritim Indonesia dan menjadi perwakilan Provinsi Jawa Tengah dalam seleksi Beasiswa Sekolah Duta Maritim Indonesia di Tingkat Nasional yang akan dilaksanakan pada tanggal 11-17 Agustus 2023 di Jakarta.

Sekolah Duta Maritim Indonesia (SDMI) angkatan ke-3, Tahun 2023 ini di selenggarakan oleh Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (ASPEKSINDO). Kegiatan ini bertujuan agar generasi milenial memiliki pengetahuan dan wawasan tentang kemaritiman dan bisa menerapkan di daerahnya masing-masing.  


Berdasarkan Surat Nomor 078/A/s.k/SDMI/aspeksindo/VII/2023 perihal pengumuman beasiswa dan undangan mengikuti SDMI di Jakarta pada Jumat, 11 Agustus 2023. Setelah melalui tahap seleksi administrasi, penilaian video, syarat fisik, dan wawancara, dari 651 orang pendaftar, terpilih 100 putera/puteri terbaik dari seluruh Indonesia.Salah satunya Sarah. 

Dukungan dari keluarga, teman, dan orang terdekat yang membuat semangat untuk mengikuti SDMI. Selain itu, Sarah juga terinspirasi untuk menjadi pemuda yang penuh dampak terlebih lagi untuk Kabupaten Banyumas sendiri.



“Saya akan mengikuti SDMI di Jakarta dengan sebaik-baiknya dan akan kembali ke Banyumas untuk memberikan wawasan dan pengetahuan kemaritiman yang saya dapat dalam mengikuti SDMI kepada masyarakat Jawa Tengah , khususnya Banyumas dan sekitarnya, agar dapat ikut serta memajukan kemaritiman di Indonesia. Saya juga akan berkolaborasi bersama Aspeksindo serta beberapa komunitas seperti bluehaven, Duta Genre, Forum Anak, dan Green Generation agar Generasi Z juga dapat turut serta dalam memajukan kemaritiman di Indonesia” Ujar Sarah.

Program yang diselenggarakan oleh Aspeksindo ini dihadiri dan diberikan pembekalan oleh pengurus ASPEKSINDO, perwakilan dari Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Kementerian Pemuda dan Olahraga RI, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, beserta jajarannya. 

Acara ini juga mengundang bupati dari daerah wilayah kepulauan dan pesisir pantai. Tidak hanya itu, Perayaan HUT Ke VI ASPEKSINDO akan dihadiri oleh Presiden RI, Pimpinan DPR/MPR RI, Pejabat Kementerian RI, Duta Besar dan para investor di gedung DPR RI pada tanggal 11 Agustus 2023.

Dalam kegiatan ini juga Sarah juga menciptakan sebuah inovasi produk berbasis kemaritiman yang dianggapnya dapat menjadi salah satu inovasi yang dapat mengurangi rusaknya ekosistem perairan serta dapat memperkenalkan kekayaan maritim kepada masyarakat luas.