Iklan

,

Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor Tahunan Online : Mahasiswa Undip Membuat Booklet Guna Mempermudah Tata Caranya

Kabar Nusantara
Senin, 07 Agustus 2023, 17.41 WIB Last Updated 2023-08-07T10:42:33Z



Kabar Nusantara - Pada hari Jum’at (28/7/2023), mahasiswa tim 2 KKN Undip yang berada di Desa Tambakboyo telah malaksanakan penyuluhan mengenai pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) secara online dengan membuat booklet informati agar mempermudah masyarakat desa dalam memahami tata cara pelaksanaannya. Pembayaran PKB secara online ini bertujuan agar para wajib pajak kendaraan bermotor dapat melaksanakan kewajibannya sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang No. 28 Tahun 2009 mengenai Pajak Daerah dan Retribusi Daerah serta memberikan kemudahan dan kenyamanan kepada para pemilik kendaraan bermotor yang berada di Desa Tambakboyo.


Berdasarkan Undang-Undang No.28 Tahun 2009, pembayaran PKB sendiri sudah menjadi sebuah kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor yang ada di Indonesia dan termasuk dalam jenis pajak yang diterima oleh pemerintah provinsi. Biasanya, pembayaran PKB sendiri memakan waktu dan tenaga para pemilik kendaraan bermotor agar dapat mengantri di kantor Samsat untuk melakukan pembayaran. Dengan adanya metode pembayaran secara online ini merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh pemerintah guna menaikan pendapatan pajak kendaraan bermotor serta menjadi alternatif yang praktis dan efisien.



Pembuatan booklet yang berisi petunjuk visual dan penjelasan detail mengenai proses pembayaran PKB secara online sendiri menjadi sebuah cara agar para masyarakat Desa Tambakboyo mendapatkan panduan praktis, terutama bagi mereka yang mungkin masih awam dalam menggunakan teknologi digital. Diharapkan dengan adanya penyuluhan serta pemberian booklet ini para masyarakat Desa Tambakboyo dapat turut mendukung pelaksanaan pembayaran PKB secara online sehingga metode ini banyak dikenal di semua wilayah dan dapat dimanfaatkan oleh seluruh lapisan masyarakat.


Penulis : Muhammad Fikri Febrian