Iklan

,

Inovasi Pembuatan Pancake Pisang Kepok oleh Mahasiswa KKN Undip sebagai Diversifikasi Pengolahan Bahan Pangan Lokal

Senin, 07 Agustus 2023, 19.28 WIB Last Updated 2023-09-02T09:36:45Z

 

Kabar Nusantara - Mahasiswa KKN Tim II Undip memperkenalkan kepada ibu-ibu PKK mengenai pengolahan pisang kepok menjadi pancake dalam kegiatan pertemuan rutin Tim Penggerak PKK Desa Tambakboyo yang diadakan di Balai Desa Tambakboyo, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten tanggal 4 Agustus 2023. Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa KKN mempraktikkan pembuatan pancake pisang kepok dari persiapan bahan baku hingga menjadi produk akhir. Ibu-ibu PKK juga mencicipi pancake pisang kepok dengan topping madu yang telah dibuat oleh mahasiswa.


Pisang kepok merupakan buah yang sangat mudah ditemui di Desa Tambakboyo. Beberapa dari ibu-ibu yang hadir memiliki pohon pisang di pekarangan rumahnya. Pisang kepok ini juga banyak dijual di pasar-pasar sekitar. Pengolahan pisang kepok menjadi pancake merupakan diversifikasi pengolahan bahan pangan lokal yang dapat meningkatkan nilai jual. Pancake merupakan salah satu jenis kue yang dipanggang menggunakan teflon hingga berwarna kecoklatan di kedua sisinya. Pancake memiliki tekstur yang lembut dan biasanya disajikan dengan topping.

Pisang kepok yang sudah matang dikupas dan dihaluskan kemudian dicampurkan dengan margarin leleh, telur, susu cair, dan garam. Dalam wadah lain, campurkan tepung terigu, gula pasir, dan baking powder. Satukan adonan dengan bahan kering kemudian aduk hingga merata. Selanjutnya, adonan dituang ke teflon panas dengan sendok sayur. Jika bagian bawahnya sudah berwarna coklat, balik adonan dan angkat jika kedua sisi sudah berwarna coklat.

         

Pelatihan pengolahan pancake pisang kepok ini disambut antusias oleh ibu-ibu PKK. Ibu-ibu PKK tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah. Salah satu dari ibu-ibu PKK bahkan menjadikan pancake pisang kepok sebagai ide usaha. Beliau menanyakan terkait ketebalan pancake yang bisa disesuaikan dan topping apa saja yang bisa digunakan. Menurut ibu-ibu PKK, pancake pisang kepok ini merupakan pancake yang lokal banget, mudah dibuatnya, dan rasanya enak.

#KKN TIM II UNDIP