Iklan

,

BIN DAN DINAS KESEHATAN KABUPATEN HALMAHERA UTARA KOLABORASI LAKSANAKAN VAKSINASI MASSAL

Rabu, 24 November 2021, 03.42 WIB Last Updated 2021-11-24T20:47:38Z



Kabar Nusantara - Badan Intelijen Negara (BIN) Halmahera Utara (Halut) berkolaborasi dengan Puskesmas Pitu menggelar vaksinasi massal dalam membantu percepatan program vaksinasi dari pemerintah pusat. Tim Vaksinator Puskesmas Pitu, Kab. Halut, dr. Lily Juniarti mengapresiasi BIN Halut yang bekerja sama dengan Dinkes Halut dan Puskesmas Pitu dalam pelaksanaan vaksinasi di SMP Negeri 6 Halut. “Kegiatan ini merupakan langkah untuk mendukung program pemerintah dalam hal percepatan vaksinasi Covid-19,” kata Lily. Senin, (22/11).


Lily menambahkan, pemerintah daerah sangat berharap kepada masyarakat untuk melaksanakan vaksinasi guna meningkatkan kekebalan tubuh jika virus kembali mewabah di Indonesia. Oleh karena itu, masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin demi kesehatannya bisa mendatangi Puskesmas atau tempat penyedia layanan vaksinasi yang tersedia di masing-masing kecamatan. Masyarakat dapat mendaftarkan diri sebagai calon penerima vaksin. Baik vaksin dosis pertama maupun vaksin dosis kedua.“Beberapa Kepala Desa dan Camat masih ada yang belum melaksanakan vaksinasi, Hal tersebut dikarenakan saat pemeriksaan kesehatan terdapat kendala seperti riwayat darah tinggi dan penyakit lainnya sehingga belum bisa dilakukan vaksinasi.” ujarnya.


Lily juga mengatakan, berbeda dengan masyarakat di daerah Jawa. Masyarakat Halut masih ada yang terpengaruh dengan adanya berita bohong terkait efek samping vaksin. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab masih rendahnya tingkat vaksinasi di wilayah Kab. Halut. Pemerintah Daerah bersama dengan Aparat Keamanan sudah berupaya untuk menangkal penyebaran berita bohong tersebut agar masyarakat tidak terpengaruh.


“Kami berharap masyarakat di Maluku Utara khususnya di Halut dapat menerima vaksin dan tidak lagi terpengaruh


dengan berita bohong. Sebab, berita bohong tersebut merupakan salah satu penghambat program vaksinasi Covid-19.” pungkasnya. (Prayogi)