Mahasiswa Unipdu, Bantu Satgas Sosialisasi dan Mendata Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) -->

Mahasiswa Unipdu, Bantu Satgas Sosialisasi dan Mendata Penerima Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH)

Senin, 31 Agustus 2020


Kabar Nusantara - Rabu (19/8/2020), mahasiswa peserta KPM-Mandiri Unipdu Jombang membantu Satgas dalam sosialisasi dan mendata penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH). Kegiatan tersebut di laksanakan di ds. Menganto Kec. Mojowarno Kab. Jombang. Sosialisasi kali ini tujuannya untuk memperkenalkan petugas PKH yang baru di desa tersebut. 

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Kriteria keluarga penerima manfaat PKH adalah keluarga miskin yang memenuhi minimal salah satu syarat, seperti ibu hamil/menyusui, memiki anak berusia 0 sampai dengan 5 tahun 11 bulan.


Memiliki anak SD/MI atau sederajat, memiliki anak SMP/MTs atau sederajat. Memiliki anak anak SMA/MA atau sederajat. PKH juga diberikan kepada keluarga dengan anak usia 6 sampai dengan 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun. Selain itu PKH juga diberikan untuk keluarga lanjut usia diutamakan mulai dari 70 tahun dan penyandang disabilitas diutamakan penyandang disabilitas berat.


"Banyak sekali ilmu/pelajaran yang kamu dapat dalam kegiatan ini, salah satunya adalah masalah pendidikan. Karena program ini diharapkan para penerima Program Keluarga Harapan (PKH) agar menekankan kepentingan anak-anak untuk sekolah. Hal mendapatkan pendidikan itu harus dinomorsatukan". Ucap pak Ifnash (petugas PKH).


Pengalaman tersebut sangat berharga karena dengan adanya program tersebut, mahasiswa KPM-Mandiri Unipdu dapat menambah ilmu dan pengetahuan baru. Selain itu, warga masyarakat Desa Menganto terlihat sangat antusias untuk mengikuti sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH), mereka juga dapat menerima materi sosialisasi dengan baik.

Dalam pelaksanaan kegiatan, tidak lupa peserta KPM-Mandiri Unipdu juga mengindahkan protokol kesehatan dengan sangat baik. Pelaksanaan protokol kesehatan seperti cuci tangan, penggunaan masker, dll. 


(Kontributor)

#KPM Mandiri Unipdu 2020 

Nama : Khoirotun Nikmah

Fakultas : Bisnis dan Bahasa

Prodi : Administrasi Bisnis