Lestarikan Kesenian Ludruk, LPPM Unipdu Bersama TPID Jombang Dampingi Desa Ketapangkuning Bentuk Desa Wisata Ludruk -->

Lestarikan Kesenian Ludruk, LPPM Unipdu Bersama TPID Jombang Dampingi Desa Ketapangkuning Bentuk Desa Wisata Ludruk

Rabu, 15 Januari 2020

Narasumber dan peserta pendampingan
Kabar Nusantara - Desa Ketapangkuning merupakan Desa yang ada di Kecamatan Ngusikan Kabupaten Jombang. Yang terkenal dengan kesenian ludruk. Melalui Program Inovasi Desa LPPM unipdu Bersama TPID Kecamatan Ngusikan melaksanakan program pendampingan inovasi desa pembentukan desa wisata ludruk cilik sebagai sarana belajar siswa siswi di Kabupaten Jombang untuk mengenal kesenian ludruk. Sejarah kesenian ludruk lahir dan diciptakan di Kabupaten Jombang.

Kegitan tersebut di hari oleh Kepala Desa Ketapangkuning Nur Wahid Kepala Desa dalam sambutanya " Mohon para dosen unipdu ikut membantu mengembangkan Seni Ludruk, karena banyak mahasiswa unipdu di desa ketapang" ucapnya sementara ituKepala LPPM unipdu jombang menambahkan "Trimakasih atas pemerintah desa memilih unipdu untuk mendampingi desa ketapangkuning. Kegiatan P2KTD merupakan kegiatan pendampingan desa yang membantu mensuksesnya program inovasi Desa Ketapangkuning khususnya seni ludruk cilik. untuk itu kami hadirkan tiga narasumber yang siap mendampingi program ini"

Ketiganarasumber tersebut diantaranya Maisarah yang ahli dalam bidang kesenian dan bahasa dalam materinya memaparkan "Untuk mengembangkan seni ludruk cilik sebaiknya membentuk wisata pendidikan kampung ludruk cilik. sehingga bisamenjadi media belajar bagi para siswa dan siswi dibidang kesenian".

Kepala Desaketapangkuning bersama LPPM dan TPID
Narasumber kedua adalah nurdin bersama teater1 unipdu menyampaikan tentang senipanggung dan teknik inovasi moderen"kami siap berkolaborasi dan memberikan pelatihan kepada para siswa dan siswi yang ingin belajar tentang senipanggung"tegasnya. Narasumber selanjutnya Chandra Sukma Anugrah yang merupakan trainer Google Gapura Digital Indonesia menyampikan materi tentang promosi digital dan konten kreative " saat ini adalah jaman digital sehingga perlu menerapkan konten dalam bentuk digital yang siap di viralkan". chandra berharap agar Desa Ketapangkuning bisa membuat chanel youtube untuk mempromosikan seni ludruk agar lebih luas di kenal oleh masyarakat.

Hartono ketua TPID kecamatan Ngusikan menyampaikan "Desa Ketapangkuning sudah memiliki potensi yang bagus perlu melakukan inovasi dan penataan manajemen agar bisa lebih baik lagi Saya berharap tim dari unipdu bisa terus mendampingi hinga tercipta wisata edukasi kampung ludruk cilik di desa Ketapangkuning " (ari anggara)