Pesan Jack Ma Carilah Bos Yang Baik Agar Bisa Belajar Jadi Manusia

Pesan Jack Ma Carilah Bos Yang Baik Agar Bisa Belajar Jadi Manusia

Jumat, 25 Januari 2019

Kabar Nusantara - Jack Ma Pendiri Perusahaan Raksasa Alibaba menyarankan untuk tidak harus mencari perusahaan yang 'ternama', tetapi perusahaan yang memiliki bos baik. dia menjadi pembicara salah satu pembicara dalam acara World Economic Forum (WEF). Dia berpesan kepada generasi milenial agar tidak menyepelekan pekerjaan pertama. 
“ Jika saya menasihati orang-orang muda ketika lulus dari suatu tempat dan kamu sedang mencari pekerjaan, pekerjaan pertama adalah yang paling penting,” kata Jack Ma, dikutip dari Financial Express, Jumat 25 Januari 2019.Jack Ma menyarankan untuk tidak harus mencari perusahaan yang “ ternama”, tetapi perusahaan yang memiliki bos baik. Atasan inilah yang akan mengajari kamu cara menjadi manusia.“ Kamu harus bisa menemukan bos yang baik yang dapat mengajarimu cara menjadi manusia, melakukan hal-hal dengan benar, dan tinggal di sana selama tiga tahun,” kata dia.

Sempat Ragu
Pria ini memang terkenal sebagai orang sukses di dunia teknologi bisnis. Selama berpuluh tahun, dia merintis Alibaba dan mengembangkannya sebagai raksasa e-commerce di dunia.
Namun, dia tak melulu mengalami jalan yang mulus ketika mendirikan usaha. Jack Ma sempat meragu ketika merintis Alibaba.
“Tentu saja saya takut dan ragu. Tapi, saya percaya, seseorang, kalau bukan kita, akan menang. Tidak ada ahli besok, hanya kemarin,” kata dia.


Jack menawarkan jasa Alibaba kepada perusahaan mapan untuk jual beli produk, tetapi malah ditertawakan. Ia lantas menengok banyak perusahaan skala menengah dan kecil yang tidak punya berkesempatan mengikuti pameran internasional. Kalangan ini menyambut Jack meski awalnya semua jasa gratis.

Situs Alibaba diam-diam membuat banyak orang beruntung. ”Saya pernah makan di sebuah restoran di AS. Tiba saat membayar, saya diberi tahu petugas restoran, saya telah dibayari sebuah perusahaan yang berhasil menjual produk karena Alibaba.”

Jack dan rekannya terus mengembangkan Alibaba dan kemudian menciptakan sistem pembayaran lewat situs Alipay. Kali ini tidak gratis. Sukses Alibaba tersebar. Jerry Yang, kelahiran Taiwan tahun 1968, salah satu pendiri Yahoo!, Goldman Sach, dan SoftBank (perusahaan Jepang), menaruh kepercayaan. Alibaba melejit dengan moto melayani konsumen.Yan Anthea Zhang, profesor strategi manajemen dari Rice University, AS, mengatakan, sukses Alibaba terletak pada ketersediaan aneka produk dan kecanduan konsumen berbelanja karena merasa nyaman. Lewat Alibaba, ada 800 juta transaksi di seluruh dunia per hari