Iklan

,

SDM Kominfo Diharapkan Jiwai Nilai Luhur Pancasila dan Hidup Gotong Royong

Rabu, 05 Juni 2024, 08.04 WIB Last Updated 2024-06-04T03:07:25Z


Kabar Nusantara
- Nilai-nilai luhur Pancasila dan hidup gotong royong diharapkan menjadi jiwa seluruh sivitas atau sumber daya manusia (SDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dalam menjalankan tugas menjaga dan mengembangkan digitalisasi.


“Kami harap seluruh SDM yang ada di Kementerian Kominfo bisa menjiwai nilai-nilai luhur Pancasila. Nilai-nilai luhur itu mengandung inklusivitas, toleransi, menjadi ideologi kita dalam bergaul, dan juga mendukung sikap kita untuk hidup secara bergotong royong,” kata Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya dan Manusia (BPSDM) Kementerian Kominfo, Hary Budiarto, dalam keterangannya terkait Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Depan Kementerian Kominfo, Jakarta, seperti dilansir pada Senin (3/6/2024).


Menurut Hary, sivitas Kementerian Kominfo harus menjadi pemersatu bangsa dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa.


Hal ini sejalan dengan tema Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”.


“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tuturnya. 


Kepala BPSDM Kementerian Kominfo menilai generasi muda, khususnya milenial dan Gen-Z memiliki peran penting dalam menyambut Indonesia Emas 2045.


Oleh karena itu, Kementerian Kominfo berupaya menyiapkan talenta muda yang kompeten di bidang digital dan mendorong perubahan bangsa ke arah lebih baik. 


“Saat ini bangsa Indonesia memiliki peluang bonus demografi, yang pada 2045 akan dipenuhi oleh milenial dan Gen-Z. Maka kita sebagai kementerian yang mengampu di bidang digital, harus menyiapkan mereka menjadi talenta yang mampu memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan perubahan dan mensejahterakan bangsa dan negara Indonesia,” jelas Hary.


Kepala BPSDM Kominfo juga mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dengan senantiasa mengamalkan nilai Pancasila.


Kolaborasi ini dinilai menjadi upaya penting untuk menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.


“Kita harus bekerja sama, berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” kata Hary Budiarto menandaskan.


Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2024 diikuti oleh jajaran Pejabat Tinggi Pratama dan Madya serta perwakilan satuan kerja di lingkungan Kementerian Kominfo.


Sumber