Iklan

,

Aksi Nyata, Mahasiswa PMM UMM Inisiasi Kelas Pengembangan Karakter Generasi Unggul Kelurahan Jatimulyo

Kabar Nusantara
Selasa, 20 Februari 2024, 19.24 WIB Last Updated 2024-02-27T15:11:28Z

Kabar Nusantara - Mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang terlibat dalam Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) menginisiasi pembentukan kelas pengembangan karakter untuk generasi unggul di Kelurahan Jatimulyo. Kelas ini diadakan di Masjid Asy-Asyuura, yang berlokasi di Jalan Pisang Kipas No 2D, Kelurahan Jatimulyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang.

Kelompok 73 gelombang 1 yang dipimpin oleh Dosen Pembibing Lapang (DPL) Hutri Tri Agustino, S.Sos., M.Si, terdiri dari lima mahasiswa, yaitu Muhammad Supratman, Arinda Safira Cahyani, Zalfa Karima Az-Zahra, Putri Vioni Sintya Devi, dan Muhammad Iqbal.

Muhammad Supratman, sebagai koordinator kelompok, menyatakan bahwa “inisiatif ini muncul dari kepedulian mereka terhadap masyarakat, terutama anak-anak usia 5 hingga 12 tahun di Kelurahan Jatimulyo yang memiliki semangat belajar tinggi namun terkendala oleh biaya” ujarnya, Senin (19/02/2024).
 

Dalam menanggapi permasalahan tersebut, Kelompok PMM 73 mengadakan kelas pengembangan karakter secara gratis di Masjid Asy-Asyuura. Program ini mencakup kelas leadership, literasi digital, literasi, dan sastra, serta berlangsung selama satu bulan penuh mulai dari tanggal 19 Januari 2024 hingga 17 Februari 2024 dengan pendampingan berkala.

Inisiatif ini mendapat tanggapan positif dari masyarakat sekitar, terutama karena memberikan akses kepada anak-anak yang memiliki semangat belajar tinggi namun terkendala oleh biaya. H. Suroso, tokoh masyarakat setempat, menilai “kelas pengembangan karakter ini sebagai langkah awal yang baik bagi generasi penerus bangsa” jelasnya. (Aji)