Iklan

,

Inspeksi APAR Perkantoran, PLN ULP Tebingtinggi raih verifikasi laik

Kabar Nusantara
Kamis, 02 November 2023, 12.32 WIB Last Updated 2023-11-02T05:32:35Z



Kabar NusantaraDinas Damkar Kota Tebingtinggi melakukan inspeksi Alat Pemadam Api Ringan (APAR) diperkantoran, dimana salah satunya adalah PLN ULP Tebingtinggi. Kegiatan ini bertujuan untuk mengecek seberapa siap system antisipasi kebakaran meliputi fasilitas dan alat penunjang di wilayah perkantoran PLN ULP Tebingtinggi pada Kamis 02 November 2023. Hasil dari pemeriksaan PLN ULP Tebingtinggi memiliki jumlah APAR 5 buah dengan keterangan yang laik pakai dengan rincian 2 buah ukuran 1 kg, 2 buah ukuran 6 Kg dan 1 buah ukuran 3 Kg. Meskipun laik, namun pihak dinas Damkar Kota tebingtinggi membuat beberapa catatan dan rekomendasi.


“Kalau bisa APAR nya setiap bulan dicek oleh PLN, karena bahan APAR yang ada disini itu mudah membeku apabila didiamkan dalam waktu lama”, ujar Nanda Aulia Yusuf Purba selaku Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Damkar Tebingtinggi. Selain itu ia berharap pihak PLN ditahun mendatang bisa mengusulkan penambahan titik APAR dan pemasangan system pemadam otomatis, mengingat luasnya perkantoranPLN ULP Tebingtinggi.


“Idealnya sesuai ketentuan jaraknya setiap 15 Meter (persegi)”, lanjutnya.

Ia juga merekomendasikan pembelian APAR fireball sebagai antisipasi darurat sewaktu-waktu dalam kegiatan pekerjaan PLN. Menurutnya APAR jenis fireball termasuk mudah digunakan dalam keadaan apapun.


“Jadi bisa dipasang di (panel) trafo PLN atau juga dibawa (oleh) petugas ketika terjadi kejadian kebakaran darurat”, pungkasnya.


Sementara itu Manajemen PLN ULP tebingtinggi akan menindaklanjuti dan meneruskan hasil rekomendasi dari Damkar tebingtinggi. Hasil temuan ini akan dibawa ke usulan di tahun mendatang ke PLN UP3 Pematangsiantar, sesuai dengan perencanaan dan anggaran yang ada.


“Kami sangat berterimakasih kepada bapak dan ibu sekalian yang hadir disini untuk mengingatkan kami”, ujar Achmad Puariesthaufani selaku Team Leader K3, mewakili Manajer PLN ULP Tebingtinggi Bapak Akbar Hidayat yang sedang berhalangan. Menurutnya manajemen PLN ULP Tebingtinggi akan berusaha selaras dengan manajemen PLN dan stakeholder dimana pemerintah daerah termasuk didalamnya guna mencapai program kerja yang hendak dicapai bersama.


Kegiatan ini ditutup dengan penempelan stiker dari pihak Damkar Tebingtinggi yang menunjukkan APAR yang ada di PLN ULP Tebingtinggi sudah ditinjau dan di inspeksi kelaikannya oleh pihak pemerintah daerah Kota Tebingtinggi.

 Kontributor : Achmad puariesthaufani nugroho