Iklan

,

Jangan Dibuang! Minyak Jelantah Ternyata Dapat Dijadikan Lilin Aromaterapi

Kabar Nusantara
Senin, 07 Agustus 2023, 17.09 WIB Last Updated 2023-08-07T10:15:06Z



Kabar Nusantara - Tambakboyo, Klaten (31/07/2023) Mahasiswa KKN TIM II UNDIP melaksanakan kegiatan program kerja monodisiplin mengenai pemanfaatan minyak jelantah menjadi lilin aromaterapi, kegiatan tersebut dihadiri oleh anggota PKK bersama dengan perangkat desa. Kegiatan tersebut diadakan di Balaidesa Desa Tambakboyo, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten. Pelaksanaan program kerja tersebut dibalut dalam kegiatan ekspo dengan tema “eco hacks”.


Minyak jelantah merupakan minyak yang telah digunakan secara berulang kali ditandai dengan bau yang menyengat dan warna kecoklatan. Minyak jelantah masih menjadi permasalahan di lingkungan karena dapat menimbulkan dampak yang berbahaya bagi lingkungan. Adapun permasalahan lingkugan yang muncul diantaranya penyumbatan pada saluran drainase, dapat menurunkan kualitas air tanah serta menghambat proses tumbuhan. Minyak jelantah di Desa Tambakboyo belum dimanfaatkan dan kebanyakan dibuang langsung ke tanah maupun ke saluran pembuangan. 

Berdasarkan permasalahan tersebut, salah satu mahasiswa KKN TIM II UNDIP, Sintia Khoirunnisa (20), melakukan pelatihan serta pemberian leaflet kepada anggota PKK dan perangkat desa mengenai pembuatan lilin dari minyak jelantah. Pelatihan berupa penjelasan mengenai bahan dan alat yang dibutuhkan, langkah-langkah pembuatan lilin, serta pemberian lilin kepada anggota PKK. Bahan yang digunakan antara lain, palm wax, minyak jelantah, pewangi dan pewarna lilin, sumbu lilin, gelas kaca, serta stik penopang sumbu. Untuk langkah-langkah pembuaatannya yakni minyak jelantah dipanaskan kemudian dimasukkan palm wax sedikit demi sedikit sambal diaduk dengan perbandingan 1: 1, kemudian masukkan pewarna dan pewangi setelah itu masukkan adonan lilin kedalam gelas kaca kemudian beri sumbu lilin yang ditopang dari stik es krim.



Dengan adanya pelatihan terhadap pembuatan lilin dari minyak jelantah diharapkan minyak jelantah dapat terolah dengan baik serta diharapkan anggota PKK mendapatkan keuntungan ekonomis dari pembuatan liliin aromaterapi ini. Program yang diselenggarakan mendapatkan respon positif dari anggota PKK dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan. Selain itu, diketahui banyak anggota PKK yang berniat membuat lilin aromaterapi dari minyak jelantah di rumah.


Penulis : Sintia Khoirunnisa
Jurusan/Fakultas : Teknik Lingkungan/ Teknik
Lokasi KKN : Desa Tambakboyo, Kecamatan Pedan, Kabupaten Klaten