Iklan

,

Membanggakan, Dosen UNIPDU Berhasil Lolos Program Matching Fund KEMDIKBUD 2023

Kabar Nusantara
Rabu, 19 Juli 2023, 18.06 WIB Last Updated 2023-07-20T12:03:51Z




Kabar Nusantara - Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (UNIPDU) Jombang kembali menorehkan prestasi gemilang di dunia penelitian. Tim peneliti yang dipimpin oleh Wiwit Denny Fitriana, M.Si, berhasil lolos dalam Program Matching Fund Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (KEMDIKBUD) tahun 2023. Program ini merupakan kolaborasi antara peneliti akademis dan dunia industri, yang kali ini bekerjasama dengan PT Tirta Lestari Indonesia.


Penelitian yang akan dilakukan oleh tim ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi dalam pembuatan pakan ikan dengan memanfaatkan probiotik. Penggunaan probiotik sebagai pakan ikan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan dan kesehatan ikan secara alami, serta berdampak positif bagi ekosistem akuakultur secara keseluruhan.


Ketua Tim Peneliti, Wiwit Denny Fitriana, M.Si, menyatakan, "Kami sangat berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan oleh KEMDIKBUD dan PT Tirta Lestari Indonesia. Program Matching Fund ini menjadi kesempatan emas bagi kami untuk menjembatani kebutuhan industri dalam meningkatkan kualitas produk, serta untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam dunia penelitian akademis."


Tim peneliti ini tidak berdiri sendiri, melainkan terdiri dari beberapa anggota yang turut andil dalam kesuksesan proposal penelitian ini. Anggota pertama adalah Chandra Sukma Anugrah, M.Kom, yang akan berkontribusi dalam aspek teknologi informasi dan sistem manajemen data dalam penelitian ini. Sementara itu, Bakri, M.Pd, bertanggung jawab dalam aspek Kemahasiswaan dalam program Magang Mahasiswa di Industri.


Anggota selanjutnya, Anna Qomariana, S.E, M.Pd.I, akan membawa perspektif ekonomi dan kewirausahaan dalam penelitian ini. Dan tidak ketinggalan, peran Mukhamad Masrur, M.Kom, sebagai anggota kelima yang akan turut memperkuat tim dalam sistem manajemen data dan Teknologi Informasi.


Dengan lolosnya proposal penelitian ini dalam Program Matching Fund KEMDIKBUD 2023, diharapkan kerjasama antara akademisi dan industri dapat semakin erat, membuka peluang bagi solusi inovatif, dan memberikan dampak positif bagi masyarakat serta pembangunan sektor perikanan nasional. Tim peneliti dari UNIPDU Jombang siap menjalankan penelitian dengan penuh dedikasi dan menjaga profesionalisme guna mencapai hasil yang maksimal dalam pengembangan pakan ikan berbasis probiotik. (Angga)