Mahasiswa KKN Kelompok 37 UPN Veteran Jawa Timur Berikan Edukasi “Gerakan 5M” Untuk Anak-Anak Di Masa Pandemi -->

Mahasiswa KKN Kelompok 37 UPN Veteran Jawa Timur Berikan Edukasi “Gerakan 5M” Untuk Anak-Anak Di Masa Pandemi

Senin, 26 Juli 2021

Mahasiswa KKN Kelompok 37 UPN “Veteran” Jawa Timur  Mengadakan Edukasi “Program Belajar” Untuk Anak SD di Balai Rw. 003 Kelurahan Sukolilo Baru.

Kabar Nusantara - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur telah mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dimasa pandemi, salah satunya yang bertepatan di Kelurahan Sukolilo Baru. KKN merupakan kegiatan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi dimana salah satu bentuk kegiatanya adalah pengabdian kepada masyarakat. 

Selama 14 hari menjalankan KKN pada tanggal 13-27 Juli 2021, Mahasiswa KKN Kelompok 37 UPN “Veteran” Jawa Timur yang dibimbing oleh DPL, Ibu Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si., membuat beberapa program kerja serta menciptakan inovasi. Salah satunya berkaitan dengan pendidikan, pengembangan pariwisata dan penguatan ekonomi kreatif. 


Salah satu bentuk dari kegiatan KKN Kelompok 37 adalah mengadakan kegiatan belajar dan bermain bersama anak-anak warga Balai RW. 003, Kelurahan Sukolilo Baru dengan sangat ketat memperhatikan protokol kesehatan.  

Kegiatan tersebut dapat mengobati kerinduan siswa sekolah dasar dengan suasana belajar mengajar sebelum adanya pandemi COVID-19. Selain itu, kegiatan belajar dan bermain bersama yang diikuti kurang lebih 15 siswa SD bertujuan untuk menumbuhkan kembali semangat belajar siswa SD dan sedikit menghilangkan kejenuhan mereka selama belajar daring. 

Pembagian masker kepada anak-anak sebelum kegiatan berlangsung.

Kegiatan belajar dan bermain bersama diawali dengan membagikan masker dan handsanitizer kemudian, dilanjutkan dengan ice breaking untuk membangkitkan semangat siswa sebelum menerima materi yang dipandu oleh seorang koordinator Divisi Pendidikan, Badai Samudera Rachmatullah.

Materi dalam kegiatan belajar dan bermain bersama ini lebih menekankan pada pentingnya menerapkan gerakan 5M yaitu memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas di masa pandemi COVID-19 ini. 

Kegiatan pembelajaran tidak hanya sekedar penyampaian materi, tetapi juga mengkolaborasikan isi materi kedalam permainan. Kegiatan belajar dan bermain bersama ditutup dengan menonton film animasi yang edukatif dan menarik. 


Warga setempat menyambut dengan baik serta sangat antusias dalam mendampingi anak-anaknya selama kegiatan belajar dan bermain bersama yang diadakan oleh Divisi Pendidikan. Kegiatan KKN Kelompok 37 UPN “Veteran” Jawa Timur tersebut, juga dibantu oleh ketua RW.003 yang telah memfasilitasi tempat kegiatan di Balai RW. 003. Selain itu, turut serta sebagian anggota kelompok dari luar Divisi Pendidikan yang juga membantu selama kegiatan berlangsung. Seperti dari Divisi Komunikasi dan Informasi yang andil dalam mengabadikan setiap aktivitas atau moment belajar dan bermain bersama.


Selain kegiatan yang berkaitan dengan pendidikan, KKN Kelompok 37 UPN “Veteran” Jawa Timur akan terus melakukan inovasi lainnya yang berkaitan dengan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif  dengan memanfaatkan teknologi masa kini. Semua rangkaian program kerja ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi warga setempat, khususnya warga Kelurahan Sukolilo Baru. 

“Kami berharap penyelenggaraan KKN di Kelurahan Sukolilo Baru dapat bermanfaat bagi masyarakat melalui program pemberdayaan baik di sektor sosial dan ekonomi sehingga dapat meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.” Ujar Muhammad Zaky Dharmawan selaku ketua Kelompok 37.(Ari)