Iklan

,

Sosok Diah Purworini, Konsisten Dalam Inovasi

Kabar Nusantara
Senin, 23 November 2020, 14.15 WIB Last Updated 2020-11-23T07:28:57Z

Foto Diah Purworini SSos MSi

Kabar Nusantara - Bagi sebagian orang, inovasi adalah sesuatu yang sulit untuk dilakukan, bahkan kebanyakan orang berfikir untuk dapat melakukan inovasi harus melalui proses yang panjang dan berbiaya besar, “padahal selama masih ada permasalahan disekitar kita, khususnya dalam melaksanakan tugas sehari-hari, disitulah inovasi dapat dilakukan” tutur Diah Purworini SSos MSi yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian PPI Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jawa Timur.
Sejak tahun 2017 lalu, Diah bersama tim kecil yang dibentuknya di Biro Humas dan Protokol, telah menanamkan prinsip one year one innovation, dan terbukti sejak tahun itu pula dengan menggandeng Tim Pengembang Sistem Informasi dari Unipdu Jombang, berbagai inovasi dihasilkan oleh tangan dingin ibu dua anak ini, “Awal tahun 2017 kami mengembangkan Sistem Informasi Monitoring Media (Simomed), yang tahun ini mendapat penghargaan nasional pada ajang PR Indonesia Award 2020” ujarnya.
 

Pada tahun 2018, Diah dan tim membuat Sistem Penomoran Dokumen (Sinomen) yang berfungsi menggantikan buku agenda nomor surat, nomor SPT, nomor SK dan lainnya. Sinomen dapat diakses secara online 24 jam, sehingga untuk memberikan nomor pada dokumen yang dibuat para staf dilingkungan Biro Humas dan Protokol bisa melakukannya secara mandiri, kapanpun dan dimanapun. “ini menjadi solusi jitu, sebab ruang kerja kami terpisah, satu di lantai 2 dan satu lagi di lantai 7, intensitas tugas lapangan juga sangat tinggi” terangnya.
 

Setahun berikutnya, di tahun 2019, lagi-lagi Diah dan tim dipercaya membuat sebuah Inovasi yang juga mendukung perhelatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 di Jawa Timur, inovasi itu diberi nama Si-EJA (Sistem Event and Journey Arranger), EJA sendiri diambil dari nama maskot HPN saat itu.
“Tahun ini, Alhamdulillah, kami masih dan akan terus konsisten dengan semangat inovasi tersebut” tutur Diah. Di tahun ini,  Diah dan tim mempunyai dua Inovasi, yaitu SICETTAR (Sistem Screening Terpadu Petugas Humas dan Protokol) yang dimanfaatkan oleh para petugas Humas dan Protokol dalam melakukan screening Gejala Covid-19 secara mandiri sebelum melaksanakan tugas lapangan. “Sistem ini juga turut kami kompetisikan pada gelaran Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 yang diselenggarakan oleh Kementerian PAN-RB Agustus lalu” pungkasnya.
Yang terbaru sebagai Inovasi kedua ditahun 2020 ini, Diah bersama tim sedang membangun SISTRADA yang akan diimplementasikan pada 2 Januari 2021 nanti, SISTRADA adalah Aplikasi Percepatan Pengelolaan dan Pengendalian Dokumen Pengadaan Barang/Jasa. Hal ini sejalan dengan semangat Gubernur Jawa Timur yang pada rabu (18/11) lalu mendapatkan penghargaan pada ajang Indonesia Government Procurement Awards 2020 untuk kategori Pusat Keunggulan Pengadaan dari LKPP-RI.
 

Diah berharap inovasi yang dilakukannya bersama tim Biro Humas dan Protokol dapat merepresentasikan amanah Gubernur Jawa Timur yang terus menggelorakan semangat one agency one innovation.  “Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Kepala Biro Humas dan Protokol yang telah memberikan kepercayaan kepada kami.” pungkas Diah saat ditemui di ruang kerjanya. (Bud)