Fakultas Saintek Unipdu Laksanakan Program Pembelajaran Berbasis Digital Pada TPQ Baitus Salam

Fakultas Saintek Unipdu Laksanakan Program Pembelajaran Berbasis Digital Pada TPQ Baitus Salam

Jumat, 13 September 2019

Kabar Nusantara – Program Kemitraan Masyarakat melalui Kementrian Ristekdikti Fakultas Saintek Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum Jombang melaksanakan program pengabdian masyarakat dengan judul “Media Pembelajaran Berbasis Digital Pada TPQ Baitus Salam Desa Bendet”. Kegiatan tersebut di laksanakan pada hari senin 10 September 2019 kegiatan ini merupakan hibah dari Kementrian Ristekdikti tahun pelaksanaan 2019. Dalam kegiatan tersebut hadir juga dekan Fakultas Saintek Mukhamad Masrur, S.Kom., M.Kom dalam sambutanya mengemukan bahwa “kegiatan ini sudah sering di lakukan fakultas saintek dan berharap kedepan akan menjadi TPQ binaan sebagai upaya transfer teknologi kepada masyarakat khususnya TPQ agar lebih bisa berinovasi dalam melaksanakan pengajaran di era digital saat ini” sementara itu Mas”ud SSi, ST, M.MT ketua program pengabdian masyarakat menyampaikan “Kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah minat belajar Alquran pada santri dengan memanfaatkan aplikasi berbasis digital untuk memudahkan dalam belajar maupun menghafal Alquran. Kami akan melakukan pendampingan dan pelatihan pada ustad di TPQ agar mampu menggunakan media belajar digital” ucapnya
Penandatangan Kerjasama TPQ Binaan Dengan Fakultas Saintek Unipdu

TPQ Baitussalam merupakan TPQ yang terletak di Desa Bendet Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang yang memiliki santri kurang lebih sekitar 40 anak. Eddy Kurniawan, S.Kom, M.M selaku kordinator pembuatan aplikasi pembelajaran berbasis digital menyampaikan pengabdian ini telah berlangsung kurang lebih enam bulan dan dari hasil uji yang telah dilakukan ustad pengajar di TPQ Baitusalam telah bisa dan mampu menggunakan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Dalam pembuatan materi pembelajaran di lakukan survei dahulu tentang minat dan metode pembelajaran yang disukai oleh santri agar pembuatan materi pelajaran bisa tepat sararan kordinator pembuatan bahan ajar adalah Arifin S.Ag,M.Pd Dosen Fakultas Agama Islam Unipdu Jombang.

Kegiatan tersebut juga melibatkan Badan Eksekutif Mahasiswa, Sella Ketua BEM Fakultas Saintek memandu kegiatan tersebut yang di kemas dalam kuis interaktif untuk melihat bakat dan potensi santri. Ustad Rohim pengurus TPQ Baitusalam mengucapkan terimakasih kepada kampus unipdu jombang dan Kementrian Ristekdikti telah menyelenggarakan program kemitraan masyarakat di TPQ baitusalam semoga apa yang telah dilakukan menjadi amal jariah dan bisa di balas beribu kebaikan dari Allah. (aji)