KIM Surabaya Mengikuti Pelatihan Gapura Digital Google -->

KIM Surabaya Mengikuti Pelatihan Gapura Digital Google

Kamis, 24 Januari 2019

Kabar Nusantara - Surabaya, KORIDOR Co-Working Space berada di gedung SIOLA lantai III, jalan Tunjungan no.3 Surabaya. Sebelum masuk ke ruang kerja bersama, kita akan melewati lorong jembatan yang berada tepat diatas jalan Tunjungan. Sisi kanan dan kiri jembatan dipenuhi hijaunya tanaman yang menyejukkan.
Siang ini (Selasa, 22/1) sejak pukul 11.00, sekitar 20 blogger yang juga pegiat KIM Kota Surabaya berkumpul di Semrawung. Sebuah ruangan berkapasitas 60 orang, riuh oleh diskusi tentang bagaimana memaksimalkan potensi blog yang dikelola kawan-kawan kelompok Informasi masyarakat. Chandra Sukma Anugrah, S.Kom., M.Kom, Google Trainer dari Surabaya.
Menjadi pemateri bagi para pegiat KIM Kota Surabaya hari ini. Beberapa blog yang dikelola oleh jurnalis warga Surabaya dibahas satu-persatu. Ada blog KIM Surabaya, Kabar Surabaya, KIM Mojo sampai KIM Gatmedia.

Kita tahu, nge-blog itu mudah. Namun nge-blog yang sesuai dengan kaidah yang diinginkan Google hanyalah mereka yang tahu resep jitu nya. Jangan lewatkan! 

Saat konten iklan diatas kami broadcast kata Cak Boni (Ketua Forum KIM Kota Surabaya) ternyata responnya sangat positif. Banyak yang berkenan hadir. Sayang karena pelaksanaannya bersamaan dengan jam kerja efektif, mereka absen dan berharap dilaksanakan pasca jam kerja selesai (malam hari). Chandra yang juga berprofesi sebagai Dosen Universitas Darul Ulum Jombang, menyampaikan beberapa materi menarik. Khususnya yang blogger jarang mengetahuinya

Salah satunya adalah cara pengelolaan blog. Banyak dari pengelola blog KIM adalah relawan yang jarang berpikir mencari duit. Alias tidak berorientasi pada profit (keuntungan). Salah satu tips mendesain situs web yang profesional. Salah satunya dengan memiliki :
1. Nama domain yang baik.
2. Grafik yang menarik dan konsisten.
3. Navigasi sederhana.
4. Desain mobile friendly.
5. Konten, bantu masalah konsumen.
6. Call to action yang jelas.

Tidak terasa, waktu mulai beranjak sore. Materi perdana dari google berakhir. Hari ini bukan akhir kerjasama kami. Masih banyak materi-materi google yang bisa diakses oleh para pegiat KIM Kota Surabaya. Beberapa modul google, siap diserahterimakan pada kawan-kawan KIM. Asal rajin menghadiri even-even yang disiapkan google, pasti semua materi yang tersedia bisa diakses. Dan semua itu adalah bentuk pemberdayaan masyarakat KIM oleh google. Semoga berhasil, untuk pembangunan kota Surabaya yang lebih baik. (cak Boni)